Selasa, 18 Feb 2020 12:12 WIB

Tak Ada Pebalap Indonesia di Formula E Jakarta? Enggak Usah Heran....

Luthfi Anshori - detikOto
BERLIN, GERMANY - MAY 25: In this handout from FIA Formula E -  Alexander Sims (GBR) BMW I Andretti Motorsports, BMW iFE.18 at Tempelhof Airport on May 25, 2019 in Berlin, Germany. (Photo by FIA Formula E/Handout/Getty Images) Ilustrasi balapan Fomula E.Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Formula E Jakarta bakal digelar pada Juni 2020 nanti. Sayangnya di ajang balap kendaraan ramah lingkungan itu, belum ada pebalap Indonesia yang terkonfirmasi ikut. Pebalap yang berpartisipasi masih didominasi pembalap mancanegara.

Menyoal hal itu, pengamat olahraga Budiarto Shambazy, mengatakan hal tersebut tak perlu terlalu dipikirkan. Sebab ini adalah olahraga baru dan pertama kali diselenggarakan di Indonesia.

"Ya memang belum ada. Bukan seperti F1, kemarin ada Rio, ada juga Sean. Jadi nggak ada kita di sini. Ini relatif baru ya lombanya, jadi kita belum mendalami, belum ngulik lah di sini," kata Budiarto, kepada detikcom, belum lama ini.

Lanjut Budiarto menjelaskan, untuk bisa membawa pebalap lokal berlaga di kompetisi balap internasional seperti Formula E, dibutuhkan kerja sama berbagai sektor dan lembaga.

"Bisa aja kalau mau. Yang saya agak heran partisipasi dari masyarakat olahraga kita kurang ya. Seolah-olah ini hanya gawe Pemprov aja. Jadi harusnya IMI, KONI, Menpora, ikut urun rembug lah untuk persiapan misalnya kalau ingin merekrut pebalap Indonesia," terang Budarto.

"Saya yakin bakat-bakat ada aja sih, cuma waktu sudah sangat mepet. Kan semua pebalap sudah dikontrak, apa ada tim mau membuka kesempatan untuk pebalap kita, belum tentu. Agak susah sih. Ini tinggal tiga bulan, belum lagi adjusment, nyetirnya dilatih lagi untuk tahu segala macam. Itu nggak mudah. Untuk tahun depan lah mungkin kita bisa coba," katanya lagi.

Untuk diketahui, Formula E yang akan digelar di Jakarta mendatangkan 12 tim balap yang berisikan total 24 pebalap beserta mobilnya. Pemprov DKI Jakarta sepakat menggelar Formula E selama 5 tahun berturut mulai tahun 2020.



Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com