Rabu, 12 Feb 2020 11:25 WIB

Ini Detail Trek Formula E Monas Usulan Anies

Tim detikcom - detikOto
Kawasan Monas Kawasan Monas akan dijadikan sirkuit Formula E. Foto: (Rachman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan rencana desain sirkuit Formula E di Jakarta yang tetap masuk kawasan Monas. Begini bocoran detailnya.

Jakarta Propertindo (JakPro) yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur penjamuan balap mobil listrik Formula E memang belum mengumumkan secara resmi layout sirkuit jalan raya yang akan dipakai di Formula E. Desain resminya akan diumumkan setelah mendapat persetujuan dari Formula E Operastions dan FIA.

Meski begitu, Anies mengajukan rencana desain sirkuit Formula E yang tetap masuk kawasan Monas. Anies mengajukan rancangan sirkuit Formula E melalui surat yang dia tandatangani dan ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara.

Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies Baswedan. Gambaran Desain Sirkuit Formula E di Monas yang Diajukan Anies Baswedan. Foto: Ist.

Sirkuit Formula E di kawasan Monas sepertinya memiliki garis start/finis tepat di sisi selatan Monumen Nasional di dalam kawasan Monas. Mobil balap Formula E akan menyusuri sisi selatan Kawasan Monas hingga menuju gerbang di belakang Stasiun Gambir. Trek kemudian mengarah ke Jalan Medan Merdeka Selatan sebagai lintasan lurus yang panjang.

Mobil balap Formula E akan adu cepat di lintasan yang ditandai warna merah. Mobil balap Formula E akan adu cepat di lintasan yang ditandai warna merah. Foto: ist.

Dari Jalan Medan Merdeka Selatan, mobil Formula E mengarah ke patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda dan akan diarahkan kembali masuk ke kawasan Monas melalui gerbang silang barat daya Monas. Setelah masuk kawasan Monas, mobil balap Formula E akan diajak putar balik di sisi barat kawasan Monas. Kemudian menyusuri sisi selatan Kawasan Monas tempat titik start/finis.

Pada sisi selatan kawasan Monas tepat di titik start/finis, sudah disiapkan Presidentsial Suite yang umum dipakai untuk menjamu tamu-tamu VVIP. Presidentsial Suite merupakan area terbatas khusus tamu-tamu VIP dengan akses langsung ke arah garasi mobil pebalap dan titik mula (start) balapan.

Mobil balap Formula E akan memutari sirkuit jalan raya searah jarum jam. Trek ini memiliki panjang lintasan total 2,6 km. Total, ada 11 tikungan dalam lintasan balap Formula E di Monas, Jakarta, tersebut.

Selain itu, akan disediakan juga area fan zone dan e-village, yakni wahana edukasi dan rekreasi publik yang memperkenalkan teknologi ramah lingkungan. Area itu akan mengisi tempat di silang Monas sisi barat laut. Luasnya akan menyesuaikan dengan ketentuan tuan rumah.

Untuk media dan staf pelaksana kegiatan akan menempati sisi timur Kawasan Monas.



Simak Video "Penjelasan Anies soal Penundaan Formula E Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com