Senin, 10 Feb 2020 09:01 WIB

Akhirnya! Formula E Boleh Ngebut di Monas

Tim detikcom - detikOto
FIA Formula E resmi digelar di Jakarta 2020 mendatang Formula E di Jakarta. Foto: FIA Formula E
Jakarta -

Ajang balap mobil listrik Formula E di Jakarta sempat menghadapi masalah. Beberapa waktu lalu, pemilihan trek Formula E di Monas ditolak. Alasannya salah satunya karena ada cagar budaya.

Namun, kini Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka mengizinkan Formula E boleh kebut-kebutan di Kawasan Medan Merdeka. Hal itu tertuang dalam surat yang diteken Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, Pratikno, nomor B-3KPPKMM/02/2020.

Komisi Pengarah disebutkan menyetujui gelaran Formula E di kawasan Medan Merdeka. Namun, setidaknya ada 4 syarat yang harus dipertimbangkan, antara lain:

1. Dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, antara lain UU Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.
2. Menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka.
3. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka.
4. Melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

"Informasi tentang surat Komrah tanggal 7 Februari tersebut betul. Dalam surat tersebut pada prinsipnya Komrah menyetujui Formula E di Kawasan Taman Medan Merdeka, dengan memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan, antara lain UU Cagar Budaya," kata Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama, dikutip detikNews, Senin (10/2/2020).

Adapun yang dimaksud Kawasan Taman Medan Merdeka sesuai Keppres Nomor 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka di Wilayah DKI Jakarta adalah areal yang dibatasi di sebelah:
- Utara : Jl Medan Merdeka Utara;
- Timur : Jl Medan Merdeka Timur;
- Selatan : Jl Medan Merdeka Selatan;
- Barat : Jl Medan Merdeka Barat.



Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(knv/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com