Jumat, 03 Jan 2020 13:40 WIB

Minta Dibatalkan oleh Netizen, Berapa Biaya Formula E?

Rizki Pratama - detikOto
Anies naik mobil listrik sebelum jumpa pers pengumuman balapan Formula E di Monas September 2019 laluFoto: Rengga Sancaya
Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta telah banyak menelan korban dan kerugian. Tidak hanya itu, salah satu rencana besar Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan Formula E diminta dibatalkan oleh sebagian masyarakat karena biayanya yang besar. Mereka meminta biaya penyelenggaraan Formula E dialihkan saja untuk mengatasi banjir. Memangnya berapa biaya penyelenggaraan Formula E di Jakarta?

Di luar izin kepada penyelenggara Formula E, untuk membangun infrastruktur balapan saja memang butuh biaya besar. JakPro yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur untuk balapan mengatakan biayanya mencapai Rp 300-350 miliar.

"Kan beberapa dibantu sama mereka (FIA) desain treknya mereka, termasuk spesifikasi segala macam ya antara Rp 300-350 miliar lah ya," kata Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto dalam konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.




Uang tersebut rencananya akan diserap untuk pembangunan lintasan, fasilitas pendukung balapan, serta area hiburan keluarga. Ia menggambarkan pembangunan tersebut akan menggunakan setengah kawasan dari Monas itu sendiri.

"Spesifikasinya dari mereka, yang jelas trek untuk Formula E itu antara 2,8 km sampai 3,2 km satu lap. Separuh inilah (Monas), cukup kan ada pemanfaatan jalan raya juga untuk treknya. Nanti ada e-Village, itu funzone lah untuk keluarga, anak-anak, pameran mobilnya, kemudian ada paddock, pitsopt, dan VIP," ungkap Dwi.

Menanggapi protes dari warganet, detikcom sedang berusaha mengubungi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur balapan Formula E di Jakarta. Namun, sekretaris Perusahaan JakPro, Hani Sumarno mengatakan bahwa mereka sedang rapat perdana.

"Sedang rapat perdana nih," jawabnya singkat saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2020).


Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "Pakai Joki di Formula E Virtual, Pembalap Audi Diputus Kontrak"
[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com