Jumat, 03 Jan 2020 12:01 WIB

Diprotes, Apakah Formula E Jakarta 'Hanyut' Ditelan Banjir?

Rizki Pratama - detikOto
Balapan mobil listrik Formula E. Foto: Getty Images
Jakarta - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ditunjuk sebagai pelaksana dan penyedia infrastruktur balap mobil listrik Formula E di Jakarta pada tahun 2020 mendatang. Perusahaan properti dan infrastruktur milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan digandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam realisasi fasilitas dan prasarana Formula E yang rencananya akan diselenggarakan di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Namun, gelaran Formula E Jakarta yang rencananya dilaksanakan Juni 2020 mendatang menuai protes. Warganet di Twitter seakan menyeret Formula E ke masalah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya.



Banyak warganet yang melakukan protes agar Formula E Jakarta dibatalkan. Tagar #shameOnyouFormulaEJakarta menyeruak di jagat maya, khususnya di Twitter.

Warganet menilai bahwa Jakarta belum siap menyelenggarakan balapan mobil formula bertenaga listrik itu. Apalagi ditambah dengan bencana banjir yang melanda Jakarta pada awal 2020 ini.

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto dalam konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, September 2019 lalu mengatakan bahwa Jakpro hanya berperan sebagai eksekutor di sini. Sementara itu rancangan ini nantinya akan dilakukan oleh pihak Formula E. Untuk pembangunan infrastruktur dan berbagai fasilitas penunjangnya, Dwi mengatakan proyek ini akan menggelontorkan dana sebesar Rp 300-350 miliar.



"Kan beberapa dibantu sama mereka (FIA) desain traknya mereka. termasuk spesifikasi segala macam ya antara Rp 300-350 miliar lah ya," kata Dwi.

Melihat kondisi Jakarta yang dilanda banjir saat ini, masyarakat yang sudah antusias seakan kehilangan semangatnya. Muncul sentimen pesimis di media sosial tentang penyelenggaraan Formula e di Jakarta.

detikcom mencoba menghubungi pihak Jakpro yang semestinya sudah mulai berbenah mempersiapkan ajang balap mobil listrik dunia ini. Namun hingga berita ini dilansirkan, Sekretaris Perusahaan JakPro, Hani Sumarno mengatakan bahwa mereka sedang rapat perdana.

"Sedang rapat perdana nih," jawabnya singkat melalui pesan Whatsapp saat dihubungi detikcom, Jumat (3/12/2020).

Simak Video " Formula E Jakarta Jadinya di GBK?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com