Minggu, 17 Nov 2019 09:53 WIB

Keren! Bocah 12 Tahun Asal Yogyakarta Ini Jago Slalom

Pradito Rida Pertana - detikOto
Foto: Pradito Rida Pertana Foto: Pradito Rida Pertana
Jakarta - Event JogjaCARta 4 dimeriahkan oleh beberapa pembalap yang unjuk kebolehan dalam show slalom. Namun, ada yang menarik, di mana salah satu peserta show slalom ternyata masih duduk di kelas 1 SMP.

Adalah Muhammad Dafa (12), yang telah menggeluti dunia slalom sejak duduk di bangku SD. Ia mengaku tertarik menjadi pembalap slalom ketika diajak ayahnya melihat event slalom di halaman Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman.


"Belum lama (jadi pembalap slalom), baru dari kelas 6 (SD) kemarin. Kalau awalnya suka slalom itu karena diajak papa nonton acara slalom di sini (halaman Stadion Maguwoharjo), terus saya suka lihat ngepot-ngepotnya itu dan akhirnya tertarik," katanya saat ditemui di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Sabtu (16/11/2019).

Ketertarikannya akan dunia slalom pun ia teruskan dengan mulai belajar mengemudikan mobil dan melakukan trik-trik slalom, dan tentunya bukan di jalan raya ya detikers, namun melalui pembinaan yang tepat pada ahlinya. Menurut remaja yang tergabung dalam Jogja Gymkhana Racing Team (JGRT) ini, hal itu karena untuk melakukan trik slalom bukanlah hal yang mudah.


"Terus mulai pengen belajar, yang mengajari Ketua tim (JGRT) namanya om Febra. Untuk latihannya seminggu sekali," ucapnya.

 Keren! Bocah 12 Tahun Asal Yogyakarta Ini Jago SlalomFoto: Pradito Rida Pertana


Murid kelas 1 SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta ini mengaku sempat kesulitan untuk mempelajari teknik slalom. Namun, dengan kemauan yang keras ia mulai sedikit demi sedikit menguasai teknik tersebut.

"Slalom itu sulit, karena yang perlu kecepatan dan ketepatan saat menarik rem tangan ketika mau belok apa melakukan putaran. Terus yang sulit itu pas habis muter circle (lingkaran) mau finish, di situ saya sering over spin," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com