Minggu, 10 Nov 2019 10:02 WIB

Laporan dari Spanyol

Berkenalan dengan Pebalap Indonesia Berusia 15 Tahun di CEV Moto3

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Dok. Honda
Valencia - Pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) kembali berlaga di seri akhir FIM CEV International Championship 2019. Ajang ini semakin menarik dengan ikut berkompetisinya Mario Suryo Aji yang baru berusia 15 tahun.

Sebagai catatan, pada musim pertamanya balapan di Eropa, ajang ini menjadi tahun pembelajaran bagi Mario yang harus beradaptasi dengan level kompetisi yang semakin ketat. Sebagai pebalap rookie, catatan prestasinya patut diperhitungkan. Pebalap muda berusia 15 tahun ini berhasil tiga kali finish 10 besar dari lima balapan yang dijalani sejauh ini.



Kini Mario kembali ke Valencia dengan berada di posisi ke-16 klasemen dengan koleksi 26 poin, dan masih ada dua balapan tersisa. Rasa khawatir dan berdebar kerap menyelimuti dirinya, dan dirinya pun mulai melawan rasa itu.

Berkenalan dengan Pebalap Indonesia Berusia 15 Tahun di CEV Moto3Foto: Dok. Honda


"Bisa main di CEV secepat ini, saya tidak pernah menyangka bisa main di sini (FIM CEV International Championship-Red). Jadi saya termotivasi karena masuk kelas ini," kata Mario.

Mario mengatakan dirinya akan terus mendorong dirinya sendiri untuk terus menjadi lebih baik. "Saya menargetkan bisa berada di 10 terbesar, itu target minimal saya," tambah Mario.



Dirinya menjelaskan untuk bisa bertanding di seri ini tidaklah mudah. Karena berbagai tim besar bakal bertarung di dalamnya. Meski demikian, Mario tak gentar.

Berkenalan dengan Pebalap Indonesia Berusia 15 Tahun di CEV Moto3Foto: Dok. Honda


"Perasaan saya mungkin sama, saya tidak memikirkan yang penting bisa terus melaju ke depan. Melihat tim besar, pertama-tama saya rasa sulit, tapi setelah lama-kelamaan itu bukan menjadi hal yang menakutkan," kata Mario yang awal balapannya di ajang motorcross.

Di kesempatan yang sama Mario juga menjelaskan, untuk berlaga di salah satu event balapan terbesar FIM CEV International Championship 2019, dirinya tidak memiliki pantangan makanan.

"Makanan tidak ada yang dihindari tapi dikontrol aja tidak dilebihkan," tutup Mario sambil tersenyum.

Simak Video "Aksi Pebalap Indonesia di CEV International Championship Valencia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com