Kamis, 07 Nov 2019 13:11 WIB

Kerja Cepat Mekanik Balap, Turun Mesin Cuma 2 Jam

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Lucas Aditya Foto: Lucas Aditya
Jakarta - Dalam gelaran balap selain kecepatan di sirkuit, pentingnya para mekanik handal yang menangani perbaikan mobil jadi kisah yang tidak bisa dilewatkan. Cerita ini dibagikan oleh David Tjipto, salah satu pebalap nasional yang pernah mengikuti uji balap di 24 hours Blancpain GT Series di SPA Belgium.

Saat berada di balik kemudi, David menceritakan mengganti part komponen fast moving seperti rem saja tidak perlu waktu lebih dari 5 menit.


"Waktu saya balap di 24 jam, kita ganti brake pad dan brake disc. Maksimal (waktu pengerjaan) 2 menit, rem semua dicopot," tutur David saat ditemui di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (6/11/2019).

Kini David bersama dua rekan tandemnya, Rio Haryanto dan Christian Colombo bakal melakoni uji balap ketahanan Asian Le Mans Series menggunakan Ferrari 488 GT3.


Bicara balapan daya ketahanan, hambatan seperti perihal ban pecah, mesin overheat menjadi satu hal yang perlu diantisipasi. Salah satu Team Mekanik T2 Motorsport Aschab Noor mengatakan kerja sama di tim di dalam paddock jadi satu hal yang tidak bisa dilewatkan, bahkan mengantisipasi hal yang sifatnya berat sekalipun seperti overhaul.

"Ganti girboks mungkin tidak sampai 30 menit. Ganti engine agak lama. Kalau balapan 24 jam ganti girboks dan mesin masih bisa, kerja 2 jam dalam pit masih bisa," tutur Aschab dalam kesempatan yang sama.

Simak Video "Hasil Kualifikasi Asian Le Mans, Rio Haryanto di Posisi 6"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com