Kamis, 07 Nov 2019 12:32 WIB

Banting Setir dari F1, Rio: Setiap Mobil Punya Karakter

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Rio Haryanto bakal menjadi tandem dengan David Tjipto dan Christian Colombo di Asian Le Mans Series. Sebelumnya Rio sendiri mengikuti ajang balap Blancpain Asian GT World Challenge mengendarai mobil yang sama Ferrari 488 GT3.

Pebalap nasional yang pernah menjadi pilot jet darat dari Manor Racing Team ini mengungkapkan perbedaan yang signifikan saat tak lagi mengendarai mobil open wheel.

"Karakter sangat berbeda, dari segi handling mobilnya. Lalu speed, berat mobilnya yang ini (Ferrari 488 GT3) jauh lebih berat dibandingkan single seater tetapi at the end kita balap di kelas ini dan saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa cepat beradaptasi untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal," tutur Rio Haryanto di Jakarta, Rabu (5/11/2019).


Selain mobilnya yang berbeda dengan Formula 1, Rio juga bakal melakoni empat seri balapan dengan sistem yang berbeda pula.

Dalam ajang Asian Le Mans, balapan akan digelar dalam waktu 4 jam. Tiga pebalap, David-Colombo-Rio bakal bergantian menjadi pilot. Pemenang akan ditentukan bagi yang bertahan dan berhasil mendapatkan lap paling banyak dalam kurun waktu tersebut.



"Kalau buat saya yang Le Mans ini endurance, sebelumnya saya lebih ke individual sprint. Yang ini akan sangat berbeda, saya harus team work dengan dua pebalap lainnya. Lalu juga settingan mobil harus base on dua pebalap lainnya," ungkap Rio.



Simak Video "Duo Rio-David Siap Panaskan Asia Le Mans Series 2019 di Shanghai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com