Rabu, 09 Okt 2019 16:49 WIB

PLN Siapkan Setrum 100 MW untuk Formula E

Rizki Pratama - detikOto
Balapan Formula E Foto: Getty Images Balapan Formula E Foto: Getty Images
Jakarta - DKI Jakarta bakal menggelar balapan mobil listrik Formula E pada 6 Juni 2020 mendatang. Sebagai balapan mobil listrik terbesar di dunia saat ini sudah dipastikan pasokan daya listrik menjadi bagian paling krusial.

Untuk itu PT PLN Persero yang menjadi penyedia daya memastikan bahwa mereka menyanggupi kebutuhan tersebut. Kurang lebih diprediksi balapan mobil listrik itu akan melahap daya sebesar 100 megawatt.


"PLN suplay listriknya. Kecil paling 100 megawatt. Acara sebelumnya Asian Games cuma 50 megawatt," kata General Manager PT PLN Persero, Ihsan Asaad saat ditemui di Pameran Hari Listrik Nasional ke-74 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2019).

Ia mengkalkulasikan sebanyak 100 mobil listrik akan datang pada hajatan tersebut. Satu mobil listriknya dikatakan Ihsan akan membutuhkan daya listrik sebesar 250 kWh.

"Ada beberapa ratus mobil datang. Satu mobil butuh 250kWh berarti empat mobil 1 mega kalau 100 mobil bisa 25 mega," ungkap Ihsan.

Ihsan menegaskan bahwa PLN memiliki kapasitas listrik yang cukup untuk menyuplai listrik pada ajang balapan tersebut. "Secara kapasitas lebih dari cukup Jakarta. Kita punya 14 ribu sub station sehingga nyolok di manapun gampang," timpalnya.

Kendati begitu berapa besaran tepat daya yang akan dipasok masih dalam pembicaraan. Pihak PLN juga akan melakukan studi terlebih dahulu pada putaran Formula E di Arab Saudi dalam waktu dekat ini.

"Dalam waktu dekat kita akan bicara detail lagi. Bahkan saya juga akan langsung ke sana nanti ada Formula E di Arab Saudi bulan November ini kita coba lihat," tutup Ihsan.

Simak Video "Anies: Tim Formula E Puji Kualitas Jalan di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com