Senin, 07 Okt 2019 13:00 WIB

Bandingkan Motor Marquez dan Quartararo yang Berduel Sengit

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Marquez dan Quartararo Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha Marquez dan Quartararo Foto: AFP/Lillian Suwanrumpha
Jakarta - Balapan MotoGP kemarin yang digelar di Sirkuit Buriram, Thailand, mengukuhkan Marc Marquez sebagai juara dunia MotoGP 2019. Marquez berhasil finis pertama di MotoGP Thailand setelah sempat salip-menyalip dengan pebalap Petronas Yamaha Sepang Racing Team, Fabio Quartararo.

Selama balapan, Marquez dan Quartararo beberapa kali menampilkan aksi saling balap. Salip-menyalip antara keduanya terjadi di trek lurus maupun saat menikung. Hingga, Marquez berhasil mempertahankan posisi terdepannya di tikungan terakhir setelah sempat disalip Quartararo. Marquez berhasil finis pertama sekaligus mengunci gelar juara dunia.



Marquez yang menjadi juara dunia MotoGP 2019 tak lepas dari jasa motor Honda RC213V. Di atas kertas, motor itu bisa dipacu hingga lebih dari 300 km/jam.

Untuk menembus kecepatan itu, Honda RC213V menggendong mesin 1.000 cc berkonfigurasi V4 DOHC, empat katup per silinder, berpendingin cairan. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 241 daya kuda (180 kW).

Honda RC213V MarquezHonda RC213V Marquez Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Motor memiliki dimensi 2.052mm x 645 mm x 1.110 mm. Sasis Honda RC213V telah dimodifikasi sehingga lebih seimbang dan stabil saat menikung. Honda juga membuat mesin RC213V lebih ringan, bertenaga, dan sesuai dengan karakter pebalapnya.



Honda RC213V menggunakan sasis aluminium twin tube. Motor dilengkapi juga dengan suspensi depan dan belakang Ohlins. Untuk sistem pengereman, Honda RC213V dibekali rem depan serat karbon dari Brembo.

Di sisi lain, motor yang ditunggangi Quartararo yakni Yamaha YZR-M1 menggendong mesin 1.000 cc segaris empat silinder dengan crankshaft crossplane. Dikutip dari laman resmi Sepang Racing Team, mesin berpendingin cairan itu mampu menyemburkan tenaga sampai lebih dari 240 daya kuda (176 kW).

Motor Yamaha M1 Quartararo Motor Yamaha M1 Quartararo Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Yamaha M1 tunggangan Quartararo memiliki sasis aluminium twin tube. Motor dengan transmisi enam percepatan itu punya bobot 157 kg sesuai regulasi FIM.

Untuk urusan pengereman, terdapat rem Brembo dengan cakram karbon 320 mm atau 340 mm. Motor didukung dengan suspensi depan upside down dan shock breaker belakang dari Ohlins.

Simak Video "Video Marquez Menggila di MotoGP Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com