Jumat, 04 Okt 2019 17:36 WIB

10 Fakta Sirkuit Buriram Thailand yang Gelar MotoGP Pekan Ini

Luthfi Anshori - detikOto
MotoGP Thailand 2018 Foto: Mirco Lazzari/Getty Images MotoGP Thailand 2018 Foto: Mirco Lazzari/Getty Images
Jakarta - Ajang balap MotoGP 2019 sudah memasuki wilayah Asia Tenggara. Kali ini giliran Thailand menjadi tuan rumah. Balap motor bergengsi tersebut tersaji di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, mulai pekan ini.

Ini adalah tahun kedua penyelenggaraan MotoGP di negeri Gajah Putih, sejak Thailand dimasukkan dalam kalender MotoGP 2018. GP Thailand sendiri menjadi seri kelima belas di musim balap 2019 ini.

Dan menarik untuk melihat, seperti apa data dan fakta dari pabrikan Ducati sebelum memulai seri balap MotoGP ke-15 ini. Berikut adalah 10 hal yang perlu detikers ketahui tentang tim Ducati:



1. Pebalap Ducati Andrea Dovizioso sudah mengemas 202 poin setelah 14 seri MotoGP berjalan. Ini adalah musim terbaik kedua bagi Dovizioso di MotoGP. Musim terbaik pertama Dovizioso ada pada 2017 lalu, kala dia mencetak lebih banyak poin setelah 14 putaran, yakni 208 poin.

2. Rekor kecepatan tertinggi di Sirkuit Internasional Chang dipegang oleh GP Desmosedici yang ditunggangi Andrea Dovizioso. Dovizioso berhasil mencatat kecepatan 330,4 km/jam.

3. Pada seri MotoGP Thailand tahun lalu, Andrea Dovizioso memang hanya berhasil menuntaskan balap di posisi kedua. Tapi Ducati sendiri sebenarnya sudah meraih kemenangan di Sirkuit Internasional Chang berkat prestasi Chaz Davies, yang tahun lalu menjadi juara WSBK Thailand di race 2.

4. Sirkuit Internasional Chang memiliki trek lurus dengan panjang 1.000 meter. Trek ini ada sebelum mengarah ke Tikungan 3. Trek lurus tersebut menjadi trek lurus terpanjang kelima setelah Sirkuit Austin, Mugello, Losail, dan Montmeló.



5. Tim Ducati berhasil menempatkan Dovizioso di posisi kedua dan kesembilan untuk Petrucci pada GP Thailand 2018 lalu.

6. Musim lalu Andrea Dovizioso memulai balapan dari grid depan dengan posisi ketiga, atau hanya tertinggal 0,139 dari Marquez yang berhasil mencatat pole position.

7. Sirkuit Internasional Chang berjarak 410 km ke sebelah timur laut Kota Bangkok. Nama kota Buriram berarti "kota kebahagiaan."

8. Dengan posisi kedua di seri GP Aragón, Andrea Dovizioso mencapai podium ke-99 dalam balap GP, dan menyamai rekor Loris Capirossi. Dovi juga masuk jajaran sepuluh pebalap teratas dengan podium terbanyak dalam sejarah.

9. Meskipun masih ada 5 seri balapan tersisa, Danilo Petrucci sudah mengemas 155 poin di klasemen, dan ini adalah musim terbaiknya di MotoGP.

10. Titik pengereman yang paling sulit di Sirkuit Thailand ada di titik sebelum tikungan ketiga. Di mana motor harus mengurangi laju dari 330 km/jam menjadi 75 km/jam, dengan titik pengereman 240 meter dan jarak pengereman 5,5 detik.

Simak Video "Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara Dunia 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com