Jumat, 30 Agu 2019 14:50 WIB

Jagoan Porsche di Balapan Mobil Listrik Formula E

M Luthfi Andika - detikOto
Porsche  99X Electric Foto: Porsche Porsche 99X Electric Foto: Porsche
Stuttgart - Berpisah dari balapan Le Mans pada 2017 lalu, Porsche langsung fokus ke balapan listrik. 22 November 2019 bakal jadi momen bersejarah bagi Porsche. Karena di hari tersebut, Porsche secara resmi akan mengikuti balapan Formula E dengan mobil 99X Electric di Ad Diriyah ePrix, Arab Saudi.

Bakal diperkenalkannya 99X Electric ini sekaligus menjawab tantangan Mercedes-Benz yang sebelumnya sudah memperkenalkan EQ brand. Porsche akan menjadi pesaing baru di balapan Formula E yang kabarnya akan digelar juga di Jakarta.



"Hari ini kami memperkenalkan Porsche 99X Electric untuk bisa bergabung menorehkan sejarah baru bagi Porsche Motorsport Cars," ujar Direktur Of Factory Motorsport Porsche, Pascal Zurlinden.

Porsche 99X ElectricSpek Porsche 99X Electric Foto: Pool (dok Porsche)


Soal ketangguhan mobil balap Porsche ini dikatakan akan mampu menyemburkan 335 tenaga kuda dan diklaim mampu mencapai topspeed hingga 280 km/jam. Dan dikatakan mobil ini hanya butuh 2,8 detik untuk bisa berlari 0-100 km/jam.



Tenaga dahsyat tersebut dihasilkan dari baterai 250kW yang digendong. Dan mobil balap Porsche ini juga memiliki teknologi 800-volt, memiliki sistem pengatur energi. Soal desain, layaknya mobil balap Formula, 99X Electric juga memiliki desain balap yang siap melahap panasnya aspal sirkuit.



Dalam pengembangannya, insinyur Porsche belajar dari mobil LMP1 yang dipakai balapan Le Mans. Dalam balapan Formula E, sasis dan baterainya standar semua, namun tenaga penggerak dikembangkan oleh pabrikan.

Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com