Selasa, 27 Agu 2019 14:32 WIB

Prosedur Ganti Motor Saat Balapan di MotoGP

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: David W Cerny / Reuters Foto: David W Cerny / Reuters
Jakarta - Di balapan MotoGP pebalap boleh mengganti motornya. Pebalap dibolehkan mengganti motor dengan syarat jika penyelenggara menetapkan bahwa balapan akan berlangsung dengan lintasan yang berubah kondisi dari kering menjadi basah atau sebaliknya.

Pebalap bisa mengganti motor saat bendera putih dikibarkan. Tim di paddock dibolehkan menyiapkan motor kedua saat balapan masih berjalan. Adapun kondisi motor kedua yang disiapkan adalah dengan ban dan settingan khusus lintasan basah jika kondisi berubah dari kering menjadi hujan, atau sebaliknya.



Tim juga dibolehkan menggunakan penghangat ban agar motor kedua siap digunakan. Sebab, ban motor khususnya untuk balapan harus mendapatkan temperatur yang tepat agar performanya lebih maksimal.

Prosedur Ganti Motor Saat Balapan di MotoGPFoto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Tim di paddock harus meletakkan motor kedua di posisi yang sudah ditentukan sebelum mulai digunakan. Pebalap yang masuk ke pit lane harus meletakkan motor pertama di posisinya, sebelum berpindah ke motor kedua yang sudah disiapkan.



Mesin motor kedua boleh dinyalakan sebelum dinaiki pebalap. Namun dengan catatan, transmisi harus dalam keadaan netral. Ketika pebalap naik motor kedua baru bisa masuk gigi 1 dengan pit limiter sampai keluar pit lane.

Pebalap Valentino RossiPebalap Valentino Rossi Foto: Mohd RASFAN / AFP


Selama proses pergantian motor ini, hanya dibolehkan lima mekanik per pebalap yang mendampingi. Tim bertanggung jawab untuk melepas pebalap dengan aman.

Simak Video "Jorge Lorenzo Dipastikan Mengaspal di MotoGP Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com