Senin, 26 Agu 2019 12:55 WIB

Seberapa Kencang Motor Rins yang Tikung Marquez di Garis Finis?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: David Klein/REUTERS Foto: David Klein/REUTERS
Jakarta - Momen tak terduga dialami oleh pebalap Suzuki Alex Rins saat melakoni balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris. Rins menikung pebalap Honda Marc Marquez di tikungan akhir jelang garis finish. Keduanya hanya berselisih 0,013 detik dan Rins berhasil menyentuh garis finish lebih dulu.

Sepanjang balapan, keduanya memang terlihat beberapa kali saling menyalip. Hingga akhirnya di tikungan jelang garis finis, Rins memacu Suzuki GSX-RR tunggangannya dan menjadi juara.


"Saya sangat percaya diri dengan Suzuki sekarang. Kami bekerja sangat keras selama sesi latihan untuk mendapatkan setelan motor terbaik dan saya juga beberapa kali mencoba untuk mengerem lebih dalam," ujar Rins dikutip situs MotoGP, Senin (26/8/2019).

Di atas kertas, motor Rins masih kalah dari Marquez dalam urusan top speed. Motor Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Rins tercatat bisa mencapai top speed hingga 340 km/jam. Sedangkan Honda RC213V tunggangan Marquez disebut bisa mencapai 360 km/jam. Catatan top speed terakhir Marquez pada Juli lalu mencapai 352 km/jam.

Suzuki GSX-RR dibekali mesin berkapasitas 1.000 cc berpendingin cairan, 4 silinder segaris, DOHC 4 katup. Tenaga maksimalnya mencapai 176 kw (240 Ps).Dari segi dimensi memiliki panjang 2.096 mm, tinggi 1.140 mm, dan lebar 720 mm, dengan frame twin spar berbahan alumunium, total berat 157 kg.

Menjadi pemenang di balapan seri Inggris merupakan momen yang membahagiakan buat Rins. Bisa menjuarai balapan dan membalap Marquez di tikungan akhir jelang garis finish menjadi kebanggaan tersendiri bagi pebalap berusia 23 tahun asal Spanyol itu.



"Saya mengalahkannya tapi ini harus dilanjutkan, saya tahu ini akan sulit. Saya membuat beberapa kesalahan, bahkan hampir terjatuh di tikungan pertama. Dua lap jelang balapan berakhir jarak saya dan Marquez sangat dekat. Lap terakhir sangat unik tapi saya menyakini bisa membalap Marquez," tutur Rins.

"Hari ini luar biasa. Saya menang di Austin, mengalahkan Valentino. Dan sekarang saya menang di sini, mengalahkan Marc. Orang-orang ini sangat cepat dan merupakan legenda di MotoGP. Saya tahu akan sulit untuk mengalahkan Marc hari ini, tetapi saya benar-benar ingin mencoba, dan itu luar biasa untuk melakukannya. Dalam beberapa sektor ia lebih cepat daripada saya, tetapi saya bisa menebusnya di beberapa sektor lain. Tetapi menjelang akhir perlombaan saya merasa saya memiliki kecepatan yang lebih baik daripada dia, dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mengejar dan mengambil kesempatan, saya melihat peluang dan saya mewujudkannya," ujar Rins dalam pernyataannya.

Simak Video "Honda Bocorkan Resep Melesatnya Marquez"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com