Minggu, 07 Jul 2019 08:36 WIB

Balapan Motor Listrik ala MotoGP Mulai Digelar Hari Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Promotor balap MotoGP, Dorna, akan menggelar kelas baru, yaitu balapan motor bertenaga listrik. Balapan motor listrik bertajuk MotoE tersebut mulai digelar hari ini, Minggu (7/7/2019).

Melansir laman resmi MotoGP, balapan motor listrik MotoE akan digelar sebanyak 6 seri pada musim 2019 ini. Balapan pertama bakal digelar di sirkuit Sachsenring, Jerman, sirkuit yang sama dengan gelaran MotoGP akhir pekan ini.



Sebenarnya balapan motor listrik ini awalnya direncanakan digelar pada Mei 2019. Namun, gelaran itu diundur karena telah terjadi kebakaran hebat paddock Moto-E di Jerez, Spanyol, di mana sepeda disimpan untuk pengujian pra-musim.

Belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan semua kendaraan motor balap listrik. Tetapi untungnya api itu tidak melukai siapa pun. Penyebab kebakaran yang menghancurkan mayoritas perlengkapan balap motor listrik ini masih diinvestigasi.



Akhirnya, balapan musim ini digelar mulai akhir pekan ini sampai November mendatang. Setidaknya enam seri balapan motor listrik akan digelar. Berikut jadwalnya:

- Race 1 - 5-7 Juli - Sachsenring, Jerman
- Race 2 - 9-11 Agustus - Red Bull Ring, Austria
- Race 3 & 4 - 13-15 September - Misano, Italia
- Race 5 & 6 - 15-17 November - Valencia, Spanyol.

[Gambas:Instagram]



Sebelum bergulir, motor balap bertenaga listrik itu telah diuji di Valencia. Sebanyak 12 tim memacu 18 unit motor listrik Energica Ego Corsa.

Kompetisi motor listrik ini tidak kalah seru dibanding MotoGP. Sebab, para pebalap akan memacu spesifikasi motor listrik yang sama. Meski begitu, ada yang janggal dari balapan MotoE ini, yaitu balapan tanpa suara bising.

Jika Anda pernah menonton langsung MotoGP di sirkuit, pasti sudah tahu sensasi suara bising yang menusuk telinga ketika puluhan motor digeber bersamaan saat start. Namun, untuk balapan motor listrik, sebelum lampu hijau menyala tanda pebalap boleh start, suasananya sangat hening. Setelah lampu hijau menyala, suara motor balap bertenaga listrik itu baru terdengar.

Balapan Motor Listrik ala MotoGP Mulai Digelar Hari IniFoto: Instagram @motogp


Suaranya tak senyaring motor balap MotoGP. Mungkin suaranya mirip seperti suara mobil remote control yang dioperasikan.

Motor listrik yang akan digunakan di MotoE disebut Ego Corsa, motor akan dipasok secara eksklusif untuk seri balapan itu oleh perusahaan Italia, Energica. Motor balap bertenaga listrik itu menggunakan baterai lithium-ion tegangan tinggi sekitar 20 kWh dan motor listrik berpendingin oli yang mengembangkan 147 tenaga kuda dan torsi 200 Nm. MotoE mampu menembus kecepatan maksimal sampai 270 km/jam, berbeda dengan MotoGP yang mencapai 300 km/jam lebih.

Simak Video "Pakai Motor Listrik, PLN Aceh Inspeksi Aset"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com