Rabu, 19 Jun 2019 18:36 WIB

Rossi Uji Tuas Rem Belakang di Tangan Kiri, Seperti Motor Matik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Catalunya - Beberapa tim MotoGP melakukan tes di Catalunya, Barcelona. Pebalap tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mencoba beberapa hal baru di motor MotoGP tunggangannya.

Tak cuma revisi elektronik, motor Rossi juga menerapkan sistem rem belakang yang unik. Jika biasanya rem belakang motor balap dioperasikan melalui tuas di kaki kanan, kini tuas rem belakang di motor Rossi ada di tangan kiri, berdekatan dengan tuas kopling.



"Kami mencoba beberapa hal berbeda, terutama tentang elektronik, untuk meningkatkan pengereman dan sedikit dalam akselerasi. Itu positif, karena itu sesuatu yang bisa kita gunakan dari balapan berikutnya. Kami menemukan beberapa solusi bagus," kata Rossi dikutip Visordown.

Memang tes itu lebih fokus seputar perangkat elektronik. Namun, pebalap berjuluk The Doctor itu juga mengetes penggunaan rem belakang baru untuk membantu peningkatan performa dalam menikung.

Sudut menikung yang besar di MotoGP biasanya membuat pebalap lebih sulit menginjak tuas rem di kaki kiri. Untuk mengatasinya, motor Rossi menerapkan tuas rem belakang yang mirip seperti motor matik. Tuas rem itu dioperasikan pakai tangan kiri, berada di bawah tuas kopling.



"Saya menguji thumb brake dan saya juga mencoba rem skuter. Ini menarik, tidak terlalu buruk. Anda hanya menggunakan kopling saat start, tapi toh start itu penting. Namun, masalahnya adalah kurangnya ruang, karena Anda memiliki tuas kopling di atas dan tuas rem di bawahnya," kata Rossi.

Meski begitu, rem ala motor matik itu sedikit lebih mudah. Mungkin itu bisa digunakan di masa mendatang.

"Karena bagaimanapun, jika Anda memiliki semua rem di jari, itu dapat membantu di tengah tikungan," katanya.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed