Rabu, 19 Jun 2019 21:50 WIB

Kayak Mobil Remote Control, Begini Suara Start Balap Motor Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
MotoE. Foto: Instagram @motogp MotoE. Foto: Instagram @motogp
Jakarta - Dorna sebagai promotor balap motor bergengsi di dunia, MotoGP, akan membuka kelas balap baru. Mengusung teknologi ramah lingkungan, Dorna akan mengadu cepat motor listrik. Namanya MotoE.

Sebelum bergulir, motor balap bertenaga listrik itu diuji di Valencia. Sebanyak 12 tim memacu 18 unit motor listrik Energica Ego Corsa setelah beberapa bulan lalu terjadi kebakaran di paddock Jerez. Rencananya, MotoE akan digelar mulai bulan depan di Jerman.



Seperti diketahui, motor listrik tak bising seperti motor balap MotoGP saat ini. Jika Anda pernah menonton langsung MotoGP di sirkuit, pasti sudah tahu sensasi suara bising yang menusuk telinga ketika puluhan motor digeber bersamaan saat start.

Namun, untuk balapan motor listrik, sebelum lampu hijau menyala tanda pebalap boleh start, suasananya sangat hening. Setelah lampu hijau menyala, suara motor balap bertenaga listrik itu baru terdengar.



Suaranya tak senyaring motor balap MotoGP. Mungkin suaranya mirip seperti suara mobil remote control yang dioperasikan.

Motor listrik yang akan digunakan di MotoE disebut Ego Corsa, motor akan dipasok secara eksklusif untuk seri balapan itu oleh perusahaan Italia, Energica. Motor balap bertenaga listrik itu menggunakan baterai lithium-ion tegangan tinggi sekitar 20 kWh dan motor listrik berpendingin oli yang mengembangkan 147 tenaga kuda dan torsi 200 Nm. MotoE mampu menembus kecepatan maksimal sampai 270 km/jam, berbeda dengan MotoGP yang mencapai 300 km/jam lebih.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed