Rabu, 19 Jun 2019 12:09 WIB

Jorge Lorenzo Kurang Pengalaman Tunggangi Honda RC213V

Dina Rayanti - detikOto
Jorge Lorenzo. Foto: Lluis Gene / AFP Jorge Lorenzo. Foto: Lluis Gene / AFP
Barcelona - Mengendarai Honda menjadi tantangan tersendiri bagi Jorge Lorenzo. Lorenzo tampak kesulitan saat mengendarai Honda RC213V tak seperti rekan setimnya Marc Marquez. Marquez cukup piawai menggeber RC213V sehingga bisa berdiri di podium sebanyak enam kali dari tujuh balapan yang digelar sejauh ini.

Sementara Lorenzo, menembus 10 besar pun sulit dilakukannya. Yang terparah, Lorenzo melakukan kesalahan ketika melakoni balapan di Sirkuit Catalunya, Spanyol sehingga harus menyenggol pebalap papan atas.


Lorenzo tampak beberapa kali melakukan kesalahan sehingga membuatnya jatuh saat sesi latihan maupun balapan di awal musimnya bersama Honda. Seperti yang baru dialaminya ketika menjalani tes di Barcelona. Lorenzo terjatuh saat memacu Honda RC21V di kecepatan 200 km/jam.

"Itu bukan masalah. Saya hanya kurang berpengalaman mengendarai Honda. Bagian depan motor Honda cukup kritikal dan itu yang membuat saya terjatuh," ucap Lorenzo dalam sebuah wawancara dengan GPOne, Rabu (19/6/2019).

Meski begitu, Lorenzo mengapresiasi kinerja Honda dalam tes kali ini. Sebagai informasi, Lorenzo sempat menyambangi kantor pusat Honda di Jepang. Hal itu dilakukan Lorenzo agar membuat setelan motor yang pas untuk dirinya dan lebih mudah dikendarai.

"Saya terkejut dengan reaksi Honda yang cukup cepat dalam memperbaiki motor sesuai permintaan. Itu sangat penting agar para ahli mengetahui indikasi apa saja yang menjadi masalah. Saya saat ini masih terus berusaha untuk memperbaiki ergonomis dan perubahan kecil lainnya," jelas Lorenzo.



Tiap motor yang pernah dikendarai Lorenzo memang memiliki karakter masing-masing. Saat menunggangi Ducati, Lorenzo menjadikan pengereman sebagai titik kekuatannya. Bagaimana dengan di Honda kali ini?

"Ducati merupakan motor yang sangat stabil saat pengereman, Honda berbeda lagi. Saya masih berusaha untuk memahami bagaimana mengendarai motor dengan baik dan mulai percaya diri sejak balapan terakhir, meskipun belum sesuai ekspektasi," pungkas Lorenzo.

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed