Senin, 17 Jun 2019 14:01 WIB

Nyeruduk 3 Pebalap Papan Atas, Insiden Lorenzo Disebut Low Side

Luthfi Anshori - detikOto
Jorge Lorenzo Foto: Lluis Gene / AFP Jorge Lorenzo Foto: Lluis Gene / AFP
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Nasib sial menimpa pebalap Repsol Honda Team, Jorge Lorenzo, kala ia terjatuh saat melakoni balapan MotoGP Catalunya (16/6/2019). Lorenzo mengalami crash di tikungan 10 sirkuit Catalunya. Makin parah, karena ia juga menyeret tiga pebalap papan atas lainnya.

Jatuhnya Lorenzo juga menyebabkan Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso harus ikutan out dari MotoGP Catalunya saat balapan baru berjalan dua putaran. Lorenzo jatuh karena kehilangan traksi pada ban depannya, setelah ia melakukan hard braking.



Mengutip glosarium dari situs motogp.com, kecelakaan yang dialami Lorenzo biasa dikenal dengan nama low side. Kecelakaan ini disebabkan roda belakang atau roda depan yang kehilangan traksi atau cengkeraman, dan mengakibatkan motor lepas dari pengendalian si pengendara.

Kecelakaan low side biasanya tidak terlalu berdampak fatal atau menciptakan cedera serius bagi pebalap. Sebab motor jatuh di sisi bagian dalam atau sisi terendahnya. Sehingga potensi pebalap terpental dari kendaraannya cukup minim.



Adapun jenis kecelakaan fatal dalam dunia MotoGP biasa disebut dengan high side. Kecelakaan ini membuat roda belakang menjadi liar dan tidak terkendali, sehingga membuat pengendaranya terpelanting sekaligus terbanting. Akibat kecelakaan ini tak jarang membuat pebalap mengalami cedera yang cukup serius.

[Gambas:Video 20detik]



(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com