Rabu, 12 Jun 2019 21:19 WIB

Curhat Sedih Valentino Rossi Motornya Pelan

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: Tiziana FABI / AFP Valentino Rossi. Foto: Tiziana FABI / AFP
Jakarta - Valentino Rossi masih kecewa akan performa motornya yang tak kunjung membaik. Seperti diketahui, Rossi masih sulit menembus podium sejak balapan di Jerez. Bahkan yang terburuk, The Doctor harus terjatuh saat balapan di Mugello, Italia.

Menurut Rossi, sejauh ini motornya masih bermasalah dengan akselerasi. Itu artinya, Yamaha YZR-M1 sulit untuk beradu dengan Honda RC213V dan Ducati Desmosedici yang dalam dua tahun terakhir mendominasi balapan MotoGP.


"Itu merupakan akhir pekan yang sangat sulit dan salah satu yang terburuk untuk waktu yang cukup lama karena kami tidak pernah cepat," ujar juara dunia sembilan kali itu dikutip Crash, Rabu (12/6/2019).

"Kami sudah tahu akan sulit membalap di sini, tapi kami yakin akan bisa kuat di Mugello. Tapi nyatanya tidak seperti itu, sejak latihan saya tidak cukup kencang," kata Rossi.

Rossi sendiri sudah merasakan ada yang tidak beres dengan motornya sejak awal balapan dimulai. Hal itu diperburuk dengan akselerasi Yamaha YZR-M1 yang tak sekuat para kompetitornya.

"Kami mengalami kesulitan di semua sektor sejak awal balapan. Saya tidak memulai balapan dengan baik namun bisa membalap 3-4 motor di depan. Ada perbedaan yang besar karena akselerasi dari tikungan satu ke lainnya kami kesulitan. Ini tak hanya masalah top speed, tapi juga perbedaannya sangat jauh," sebutnya lagi.

Akselerasi memang bukan masalah utamanya. Namun Rossi mengungkapkan akibat akselerasi yang lambat bisa membuat balapan tambah sulit. Rossi bahkan menyebutkan balapan di Mugello kemarin lebih buruk dari 2016 di tempat yang sama. Kala itu Rossi yang memulai balapan dari depan dan cukup kuat namun harus mundur karena kerusakan mesin.

"Sekarang saya tidak merasa depresi tapi justru sedih karena motor pelan," ucap pebalap asal Italia itu.


Rossi pun turut menuturkan kalau para kompetitornya pun sempat mengalami permasalahan yang sama. Namun bisa memperbaikinya dengan cepat, sedangkan Yamaha masih belum memberi perubahan banyak.

"Saat yang lain menyelesaikan masalah, itu malah jadi permasalahan baru bagi kami. Sejak paruh kedua musim 2016, pabrikan lain membuat perubahan besar dan kami terlihat abu-abu. Itu bisa terlihat dari performa motor kami yang tak berubah banyak. Untuk saya ini menjadi masalah," pungkas Rossi.



Simak Juga 'Duh... Rantai Motor yang Ditunggangi Rossi Putus!':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed