Minggu, 19 Mei 2019 17:23 WIB

Motor MotoGP Lecet Sedikit Reparasinya Bisa Habis Ratusan Juta

Dina Rayanti - detikOto
Motor MotoGP. Foto: Getty Images/Getty Images Motor MotoGP. Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta - MotoGP identik dengan olahraga mahal. Hal itu bisa terlihat dari motor yang punya harga puluhan miliar. Belum habis sampai di situ, kalau motor lecet sedikit para pabrikan setidaknya menggelontorkan biaya sekitar 15.000-20.000 Euro atau kalau dirupiahkan mencapai ratusan juta untuk satu sisi.

Melansir situs Box Repsol, Minggu (19/5/2019), lecet sedikit karena motor terjatuh artinya pabrikan harus mereparasi cover, pijakan kaki, rem belakang, dan komponen lain yang mungkin terkena dampak kerusakan.


Itu kalau lecetnya sedikit. Jika sang pebalap mengalami kecelakaan parah artinya biaya perbaikan bisa menyentuh angka sekitar 100.000 Euro atau setara Rp 1,6 miliar.

Pundi-pundi hingga miliaran itu harus digelontorkan pabrikan untuk memperbaiki ban, rem cakram, suspensi, radiator, hingga sensor. Kalau kerusakannya semakin parah dan melibatkan swingarm, sasis, elektronik, tangki bensin dan mesin lain tentu biayanya bisa menyentuh setengah juta dolar.

Motor-motor MotoGP memang memiliki banderol harga yang fantastis. Tak heran kalau biaya reparasinya bisa sebegitu mahal.

Buat yang belum tahu biasanya satu motor MotoGP ditaksir memiliki harga sekitar 3 juta euro atau kalau dirupiahkan Rp 48,6 miliar. Yang membuatnya mahal antara lain Mesin motor MotoGP yang bisa ngacir itu dibanderol di kisaran 200.000-250.000 Euro atau setara Rp 3,2-4 miliar.


Ditambah lagi elektronik dalam motor MotoGP seperti sensor, kabel, panel harganya bisa lebih dari 100.000 Euro. Tak ada suku cadang yang murah.

Rem juga tak kalah mahal. Harga rem depan ditaksir 70.000 Euro yang terdiri dari tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon, dan 28 pad. Jika sebuah tim kekurangan salah satu komponen maka mereka harus membelinya secara terpisah. Motor MotoGP memang tak diproduksi massal karena khusus disiapkan untuk ajang balap itu. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed