Minggu, 12 Mei 2019 09:43 WIB

Fakta Baju Balap MotoGP: Terbuat dari Kulit Kangguru, Punya Airbag

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Setiap turun ke lintasan, pebalap MotoGP selalu menggunakan perlindungan maksimal. Mulai dari helm, sarung tangan, sepatu sampai baju balapnya bisa melindungi pebalap dari cedera serius.

Maklum, balapan MotoGP terus memacu motor dengan kecepatan tinggi, bahkan kecepatannya tembus 300 km/jam lebih. Maka itu, pebalap butuh perlindungan ekstra. Salah satunya dengan baju balap.



Alpinestars adalah salah satu perancang dan pabrikan baju balap yang digunakan di MotoGP. Di balik amannya baju balap berkulit tebal tersebut, tersemat beberapa fakta menarik seperti dikutip dari Box Repsol. Apa saja?

Pertama, baju balap ternyata dibuat tangan. Baju balap dibuat dengan tangan menggunakan pengukuran akurat terhadap setiap badan pengendara. Pelindung dan kain harus pas untuk kesempurnaan sehingga pebalap bisa konsentrasi memacu motornya hingga menjadi yang terdepan. Baju balap tidak hanya harus memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara tetapi juga perlindungan maksimal.

Kedua, baju balap seperti yang dirancang Alpinestars terbuat dari 13 potong kulit. Belasan lapisan itu dipotong dan dijahit tangan. Proses pembuatannya menghabiskan lebih dari tujuh setengah jam untuk setiap setelan.



Ketiga, airbag. Perangkat keselamatan itu tak hanya ada di mobil terkini. Airbag juga disematkan di baju balap MotoGP. Airbag memiliki dua muatan dan tetap mengembang selama lima detik setelah jatuh. Baju balap memiliki sensor yang sangat canggih yang dapat mendeteksi apakah pengendara berada di trek atau tidak dan perbedaan antara jatuh dan nyaris jatuh. Ini diaktifkan hampir secara instan, bahkan sebelum pengendara menghantam aspal.

Keempat, perlindungan baju balap dapat mendukung kekuatan dampak saat pengendara jatuh. Lapisan kulit telah diuji untuk menentukan ketangguhan dan ketahanannya terhadap abrasi serta kualitas layanannya. Baju balap memiliki enam potong pelindung yang masuk ke saku bagian dalam. Dua pelindung di lengan, dua di kaki, satu untuk dada dan satu untuk punggung.

Kelima, ternyata baju balap lebih banyak yang terbuat dari kulit kangguru. Bahan itu sangat tahan terhadap abrasi.

Keenam, biasanya pemasok baju balap menyediakan empat setel setiap seri balapan untuk satu pebalap. Itu juga bisa memiliki spesifikasi yang berbeda tergantung kebutuhan pengendara. Jika akhir pekan sangat sial untuk pebalap karena banyak terjatuh hingga menimbulkan sobekan, di paddock juga terdapat bengkel untuk memperbaiki baju balap yang rusak.


Fakta Baju Balap MotoGP: Terbuat dari Kulit Kangguru, Punya Airbag
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com