Senin, 06 Mei 2019 13:26 WIB

Suzuki GSX-RR Mulai Menggila di MotoGP

Dina Rayanti - detikOto
Alex Rins. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images Alex Rins. Foto: Mirco Lazzari/Getty Images
Jerez - Motor Suzuki mulai menunjukan tajinya di balapan MotoGP. Lewat pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins berhasil berdiri di podium dalam dua balapan terakhir. Rins sendiri mengaku percaya diri menghadapi musim 2019. Ia merasa motornya sudah bisa bersaing dengan Ducati, Honda, hingga Yamaha yang selama ini berebut juara.

Rins memulai balapan dari posisi start ke-9, Rins dengan cepat memperbaiki posisinya hingga 6 besar pada putaran awal. Rins mampu perlahan-lahan masuk ke barisan terdepan. Namun berkat kecepatan mengatur strategi, kerja keras dan ketenangan dalam tekanan lawan-lawan yang lainnya, Alex Rins mampu menjaga kecepatan dan posisinya hingga menutup jalannya balapan di posisi kedua dari depan.

Alex RinsAlex Rins Foto: Suzuki


Perolehan Podium 2 tersebut menambahkan poin bagi Alex Rins, sehingga menempatkan posisinya sebagai terbaik ke-2 di klasemen MotoGP 2019 dengan total 69 poin, terpaut 1 poin dari pemimpin klasemen.


"Sangat sulit untuk bisa mendapatkan posisi kedua di Jerez. Mulai balapan dari belakang saya kesulitan untuk bisa membalap Ducati dengan akselerasi kencangnya," jelas Rins dilansir GPOne, Senin (6/5/2019).

"Saat musim dingin kami sudah tahu kalau motor cukup kuat dan siap menang. Masih banyak balapan hingga akhir musim, tidak mudah memang tapi saya akan berusaha memberikan yang terbaik," sambung Rins.

Selain motor yang dalam performa baik, Rins juga menyebut gaya membalapnya cocok dengan Suzuki GSX-RR. Ditambah lagi ban juga menjadi salah satu faktor penting sehingga bisa memberikan performa baik pada motor.


"Mungkin gaya balap saya mirip dengan para pebalap di tahun 1980-1990an. Itu menjadi salah satu karakter saya, bisa dibilang gaya balap unicorn," kata Rins.

"Ini lebih sulit dari biasanya karena kami memutuskan menggunakan ban depan soft. Nyatanya, dalam lima lap terakhir saya malah lebih dekat apalagi saat mengerem," ucap Rins.

"Luar biasa mendapatkan kemenangan dan kemudian menempati posisi ke-2. Saya merasa sangat senang, perlombaan ini sangat sulit dan mulai dari baris ketiga membuatnya lebih sulit. Saya memberi 100% dan saya tahu bahwa kecepatan balapan saya bisa dekat dengan Marc, jadi saya berencana untuk mencoba dan mendapatkan awal yang baik dan pergi ke depan. Para penggemar Spanyol luar biasa hari ini, dengan penggemar itu memberi saya dorongan untuk setiap putaran. Saya ingin mempertahankan konsistensi ini dan saya berharap untuk hasil yang bagus lagi di Le Mans," ujar Rins dalam pernyataan yang dikirimkan ke media.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com