Rabu, 17 Apr 2019 11:16 WIB

Motor Boncos di MotoGP AS, Lorenzo: Sebabnya Bukan Rantai

Luthfi Anshori - detikOto
Jorge Lorenzo Foto: Juan Mabromata / AFP Jorge Lorenzo Foto: Juan Mabromata / AFP
Jakarta - Pebalap Tim Repsol Honda di MotoGP, Jorge Lorenzo, harus menerima nasib sial, setelah motornya mengalami problem mekanikal di kualifikasi MotoGP Amerika Serikat, Sabtu (13/4/2019).

Semula, motor Lorenzo diduga mengalami kasus rantai lepas, sebab di seri MotoGP sebelumnya RC213V yang dinaiki Marc Marquez mengalami insiden rantai lepas.



Namun kabar terbaru mengatakan jika Lorenzo tidak mengalami permasalahan rantai lepas di motornya. "Tidak. Itu masalah yang berbeda dengan kemarin," ujar Lorenzo dikutip dari Crash.

Hal ini juga dikonfirmasi manajer tim Alberto Puig. Ia mengatakan jika masalah di motor Lorenzo belum terungkap. Lorenzo mengalami kerusakan mesin di lap kedelapan.

"Saat ini kami tidak tahu apa yang terjadi dengan motor Lorenzo, kami sedang menyelidiki dan kami perlu waktu untuk memahami apa masalahnya," kata Puig.
Sebelum mengalami masalah tersebut Lorenzo mengaku memulai balapan dengan kondisi yang sulit dan kerap melakukan beberapa kesalahan.

"Pada awal balapan dengan bahan bakar penuh, sulit untuk berhenti, jadi saya membuat beberapa kesalahan aneh," katanya.

"Tetapi saya keluar dari lintasan dua kali karena saya tidak bisa menghentikan motor. Jadi saya kehilangan satu atau dua posisi lagi," lanjut pembalap asal Spanyol.

"Kami memiliki terlalu banyak inersia dengan motor baru, dan kami perlu bekerja lagi, untuk membuat motor lebih mudah berhenti," ujarnya.
Honda memang mengalami hari yang kurang baik di Circuit of the Americas (COTA), Austin. Tidak ada rider Honda yang naik podium. Pemenang MotoGP Amerika Serikat 2019 adalah pebalap Suzuki Alex Rins, disusul Valentino Rossi (Yamaha) dan Jack Miller (Pramac Ducati).

Marc Marquez, yang memenangi enam balapan sebelumnya di Austin, justru gagal finis. Pebalap Repsol Honda itu, yang juga juara bertahan MotoGP, terjatuh saat baru melahap delapan lap. Selain Marquez, dua rider andalan Honda lainnya juga gagal finis di Austin. Rider LCR Honda Cal Cruthclow terjatuh pada lap kelima.

Dari empat pebalap Honda, hanya Takaaki Nakagami yang berhasil finis dan mendulang poin. Rider asal Jepang itu finis ke-10 dan menjadi hasil terbaik Honda dalam balapan tersebut.

Motor Boncos di MotoGP AS, Lorenzo: Sebabnya Bukan Rantai
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed