Sabtu, 23 Feb 2019 14:54 WIB

Indonesia Gelar MotoGP 2021, Bos KTM Siapkan Rencana Khusus

Luthfi Anshori - detikOto
MotoGP 2021 di Mandalika Lombok Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images MotoGP 2021 di Mandalika Lombok Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Indonesia disebut-sebut sudah siap menggelar event balap MotoGP pada 2021 nanti di Lombok, NTB. Kepastian ini diungkapkan langsung oleh pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang mengklaim sudah meneken Promotor's Agreement dengan promotor MotoGP, Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP selama tiga musim.

Menanggapi informasi tersebut, APM (Agen Pemegang Merek) motor KTM di bawah 400 cc di Indonesia pun mengungkapkan pendapatnya.



"Iya, kami sudah mendengar berita kalau 2021 start kontrak untuk 3 tahun MotoGP di Mandalika, yang mana rencana street circuit seperti Singapore dan Monaco untuk F1. Tentu KTM sebagai salah satu peserta (MotoGP) menyambut positif rencana tersebut dan berharap bisa terealisasi tepat waktu," ujar Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor Kristianto Gunadi, kepada detikOto, Sabtu (23/2/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Kris, sudah seharusnya Indonesia memiliki sirkuit MotoGP sendiri. Sebab, masyarakat Indonesia sangat antusias terhadap setiap event balap motor, terutama MotoGP.

MandalikaMandalika Foto: ist.


"Penggemar MotoGP di Indonesia sangat besar, dapat dilihat setiap gelaran MotoGP di Sepang, majority penonton dari Indonesia," lanjut Kris.

PT PJLM selaku APM motor KTM di bawah 400 cc pun mengaku sudah menyiapkan rencana khusus seandainya MotoGP jadi digelar di Indonesia.

"Bagi KTM ini merupakan ajang promosi yang positif khususnya untuk KTM di Indonesia. Kami tentu akan berkolaborasi dengan prinsipal KTM di Austria untuk mengoptimalkan event ini untuk keperluan publikasi, promosi, serta brand building KTM di Indonesia," pungkas Kris.



Sebagai info, gelaran MotoGP Indonesia rencananya akan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finish.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

Rencananya Sirkuit Mandalika akan rampung dibuat pada 2020, dan bersiap digunakan untuk menggelar MotoGP 2021.


Tonton juga video 'Dimas Ekky, Pebalap Moto2 yang Harumkan Nama Indonesia ':

[Gambas:Video 20detik]


Indonesia Gelar MotoGP 2021, Bos KTM Siapkan Rencana Khusus
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed