Jumat, 22 Feb 2019 10:50 WIB

Gaspol ke Lombok untuk Nonton MotoGP, Kenapa Tidak?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Layout sirkuit Mandalika Foto: ist. Layout sirkuit Mandalika Foto: ist.
Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. Venue yang ditunjuk adalah di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di Lombok, rencananya akan dibuat sirkuit jalan raya. Sirkuit itu berada di Mandalika, Lombok. Rencana digelarnya MotoGP di Lombok itu mendapat sambutan positif. Para penggemar roda dua, terutama dari komunitas, menyebut gelaran MotoGP di Indonesia itu menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Bahkan, menurut Fariz Sudrajat, humas Nmax Riders-Xmax Riders (NRXR) Bekasi, pihaknya menyambut positif rencana itu. Tak heran jika banyak komunitas yang ingin touring menuju Lombok untuk sekadar nonton MotoGP.

"Menurut saya hal itu (touring ke Lombok untuk nonton MotoGP) akan sangat mungkin apalagi ini adalah first moment of top," kata Fariz kepada detikOto, Jumat (22/2/2019).



Setidaknya, anak-anak komunitas atau klub motor adalah pihak yang paling utama untuk memenuhi tribun penonton di sirkuit MotoGP. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin untuk touring jarak jauh tersebut. "Pasti gaspol. Yang pasti tetap safety dalam berkendara," sebut Fariz.

Sementara itu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar MotoGP terbesar di dunia. Bahkan, banyak penggemar MotoGP yang rela terbang ke Malaysia untuk menonton MotoGP Sepang saban tahun. Maklum, Malaysia menjadi negara terdekat dari Indonesia.


Gaspol ke Lombok untuk Nonton MotoGP, Kenapa Tidak?Foto: Mindra Purnomo




detikOto sempat meliput MotoGP Sepang beberapa waktu lalu, sebelum digelarnya MotoGP Thailand. Ketika itu, memang banyak penggemar MotoGP yang berasal dari Indonesia. Tak cuma dari Indonesia, saat itu banyak juga penggemar roda dua yang touring naik sepeda motor dari Thailand ke Malaysia hanya untuk nonton MotoGP. Mungkin perjuangan touring jarak jauh serupa juga akan dilakukan penggemar roda dua dari berbagai kota di Indonesia ke Lombok jika MotoGP Indonesia digelar nanti, tahun 2021.

Disebutkan, sirkuit jalan raya Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km. Sirkuit tersebut memiliki satu lintasan lurus, yang sepertinya akan menjadi garis start/finis.

Sirkuit akan terdiri dari 18 tikungan. Belum diketahui apakah arah putaran sama dengan jarum jam atau justru berkebalikan. Beberapa sirkuit MotoGP yang arah putarannya berkebalikan dengan jarum jam adalah Austin, Aragon, dan Phillip Island.

Untuk sarana penunjang, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sementara kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed