Senin, 22 Okt 2018 13:21 WIB

Lihat Lagi Performa Motor yang Bawa Marc Marquez Juara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Marc Marquez. Foto: Reuters/Toru Hanai. Marc Marquez. Foto: Reuters/Toru Hanai.
Jakarta - Marc Marquez mengunci gelar juara dunia MotoGP 2018.Pebalap yang khas dengan nomor 93 itu berhasil menaklukkan motor RC213V sehingga keluar sebagai juara dunia 2018.

Prestasi tersebut tentunya didukung oleh tunggangan yang mumpuni. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Marquez menunggangi motor balap Honda RC213V yang mengalami penyempurnaan.



Menurut laman Honda Racing Corporation, pebalap berjuluk Baby Alien tersebut kembali menggunakan motor balap yang dikembangkan oleh Honda sejak 2012 lalu, Honda RC213V. Tapi, motor tersebut sudah mengalami penyempurnaan mulai dari sasis, mesin, hingga bodinya.

Untuk musim 2018, sasis motor RC213V 2018 dimodifikasi untuk mendapatkan penyempurnaan kekakuan yang seimbang demi stabilitas dan kemampuan menikung yang lebih maksimal. Sasis aluminium twin-spar diklaim sangat ringan dan memberikan karakteristik kekakuan dan kekuatan ideal yang diperlukan untuk menangani mesin bertenaga lebih dari 240 daya kuda. Selain kekuatan, sasis juga didesain dengan baik untuk meningkatkan grip ban.



Soal mesin, Honda masih percaya dengan mesin V4 DOHC berpendingin cairan dengan kapasitas 1.000 cc. Mesin itu mampu mengirimkan tenaga lebih dari 240 daya kuda ke roda belakang. Honda punya 7 mesin untuk berlaga di 18 balapan musim 2018 ini. Honda menyebut telah mempelajari mesin-mesin di musim sebelumnya sehingga mesin barunya dibuat lebih ringan, lebih bertenaga dan mudah ditaklukkan oleh pebalapnya.

Untuk menangani mesin buas itu, dibutuhkan juga suspensi yang mumpuni. RC213V 2018 yang mengantarkan Marquez menjadi juara dunia ini dibekali suspensi Ohlins di depan dan belakang. Menjadi penghubung roda dan sasis, tugas suspensi adalah menjaga agar ban tetap bersentuhan dengan aspal dan menghasilkan cengkeraman maksimal saat mesin menyemburkan tenaga.



Mengingat tenaganya sangat besar, dibutuhkan pula sistem pengereman terbaik. Motor ini menggunakan rem depan serat karbon yang disuplai oleh Brembo. Dalam kondisi basah, Honda RC213V menggunakan rem cakram baja di depan dan belakang dari Yutaka.

RC213V menggunakan bodi serat karbon. Material tersebut memainkan peran penting untuk membuat tunggangan Marquez tersebut memiliki aerodinamika terbaik.

Motor ini memiliki pelek 17 inci di depan dan belakang. Pelek itu dibalut dengan ban Michelin yang menjadi pemasok ban eksklusif MotoGP. Setiap pebalap diizinkan menggunakan maksimal 22 ban slick dan 11 ban basah selama akhir pekan gran prix.




Tonton juga 'Level 7 Marc Marquez':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed