Senin, 02 Jul 2018 14:15 WIB

Ini Alasan Rossi Labih Jago Nyalip di Tikungan daripada Trek Lurus

Dina Rayanti - detikOto
Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Valentino Rossi. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Setiap motor yang ada di balapan MotoGP memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang cepat saat di trek lurus, ada juga yang bisa melaju kencang dan stabil di tikungan. Itulah mengapa para pebalap pun memiliki gaya balapnya sendiri untuk menyesuaikan dengan motor yang ditungganginya.

Misalnya saja Valentino Rossi. Apabila diperhatikan ia unggul saat menyalip di tikungan. Rossi juga sering melakukan manuver saat berada di tikungan.



Motor-motor Yamaha memang diketahui sebagai corner-speed bike. Selain Yamaha, Suzuki juga menganut hal serupa. Berbeda halnya dengan motor Ducati yang kencang saat berada di trek lurus. Sementara Honda cukup stabil di keduanya.

Corner-speed bike didesain memiliki sasis yang sudut-sudutnya memiliki fleksibilitas lateral untuk tetap terhubung saat motor menikung sekalipun derajat kemiringannya tinggi. Sehingga motor bisa melaju lebih cepat saat berada di tikungan.



Sementara motor Ducati jenisnya adalah point and shoot. Motor ini dibuat lebih kaku agar saat pengereman mendalam bisa lebih stabil dan bisa bermanuver di tikungan dengan radius pendek. Saat belum ada aturan soal ban yang sama, pebalap yang mengendarai corner-speed bike membutuhkan rangka ban lebih kaku agar bisa terus mengegas di tikungan tanpa khawatir akan jatuh.

Lain halnya dengan pebalap point and shoot yang membutuhkan rangka lebih fleksibel agar bisa memberikan akselerasi tinggi di ujung tikungan. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed