Senin, 04 Jun 2018 12:00 WIB

Di Balik Kedigdayaan Ducati di MotoGP Italia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Alessandro Bianchi/Reuters Foto: Alessandro Bianchi/Reuters
Jakarta - Dua motor Ducati Desmosedici GP18 finis terdepan di balapan MotoGP seri Mugello 2018. Jorge Lorenzo finis pertama, disusul rekan satu timnya, Andrea Dovizioso.

Sirkuit Mugello di Italia seakan cocok dengan karakter motor Ducati Desmosedici GP18 tunggangan Lorenzo dan Dovizioso. Lintasan lurus yang panjang membuat motor Ducati itu bisa melesat dengan cepat.



Wajar, motor Ducati memang disegani di trek lurus. Bahkan, Dovizioso sempat memecahkan rekor kecepatan MotoGP dalam sesi latihan bebas di Mugello dengan topspeed 356,5 km/jam.

Di balik kejayaan tim Ducati di MotoGP Italia, spesifikasi teknis dari Ducati Desmosedici GP18 turut berperan penting. Motor itu menggendong mesin V4 90 derajat berpendingin cairan, evo desmodromic DOHC empat katup per selinder dengan kapasitas 1.000 cc. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 250 daya kuda lebih.

Mesin dikawinkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission. Alhasil, kecepatan tertingginya bisa lebih dari 350 km/jam. Bahkan, Ducati Demosedici GP18 tunggangan Dovizioso berhasil mencapai 356,5 km/jam.



Untuk sasisnya, Ducati Desmosedici GP18 menggunakan bingkai tipe aluminium alloy evo twin-spar. Motor tunggangan Doviziosod an Lorenzo di ajang MotoGP musim 2018 ini mengusung suspensi depan upside down Ohlins 48 mm dan suspensi belakang Ohlins yang bisa disesuaikan preload dan dibekali new factory evolution damping system.

Untuk daya pengereman, Ducati Desmosedici GP18 dibekali rem Brembo dengan dua piringan karbon 340 mm di depan empat piston per kaliper. Sementara di belakang ada rem satu cakram stainless steel dengan kaliper dua piston.



Ducati Desmosedici GP18 memiliki bobot 157 kg, sesuai dengan regulasi MotoGP. Perangkat elektronik di motor ini didukung oleh Magneti Marelli.

Di luar spesifikasi teknis tersebut, pemilihan ban juga menjadi strategi yang tepat membawa Lorenzo juara MotoGP di Mugello. Pebalap Spanyol itu unggul cukup jauh dari dua pebalap terdekatnya. Dovizioso lebih lambat 6,370 detik dari Lorenzo. Sementara itu, Rossi berjarak 6,629 detik berselang dari pebalap dengan nomor 99 itu.

Lorenzo memilih ban depan medium dan ban belakang soft. Sementara Dovizioso memilih tipe ban depan hard dan ban belakang soft, serta Rossi pakai ban depan hard dan ban belakang medium. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed