Senin, 21 Mei 2018 13:00 WIB

MotoGP

Marquez Menang di Le Mans, Bentuk Fairing Baru Cukup Membantu?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Marc Marquez di MotoGP Prancis (Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters) Marc Marquez di MotoGP Prancis (Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters)
Jakarta - Marc Marquez berhasil menapak di podium tertinggi di MotoGP Le Mans 2018, semalam. Selama balapan semalam, motor RC213V tunggangan Marquez terlihat memiliki bentuk fairing baru dengan perangkat aerodinamika mirip winglet. Apakah fairing tersebut membantu Marquez memenangkan balapan?

Sejak latihan bebas pertama, motor Marquez hadir dengan fairing baru dengan perangkat aerodinamika. Setelah kemenangan di GP Spanyol, Marquez sibuk menguji tiga fairing berbeda. Saat tim Repsol Honda melakukan pengujian di Mugello sebelum GP Prancis, Marquez juga menguji fairing aerodinamika baru tersebut.

Marc MarquezMarc Marquez Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images


Apakah fairing tersebut membantu Marquez menjuarai GP Prancis semalam? Marquez menjelaskan, fairing 'Type A' yang digunakan ini bertujuan untuk meng-improve kecepatan tinggi, wheelie dan menikung. Menurutnya, setelah banyak aero fairing yang digunakan, yang terbaik adalah fairing ini.

"Kami menyebutnya type A. Ini seperti gaya Yamaha - itu tidak baik dikatakan tapi ini terlihat sedikit bentuk lain," kata Marquez dikutip motogp.com.

Menurutnya, fairing itu bekerja dengan baik. Dia pun merasa percaya diri dengan fairing tersebut.

"Fairing yang saya gunakan sekarang adalah spek yang sama dengan Cal (Crutchlow). Saya menggunakan yang lebih kecil, dia menggunakan yang lebih besar tapi saya akan lebih ke arah itu. Manfaatnya adalah mencoba meningkatkan kecepatan tertinggi, wheelie plus saat menikung. Kami mencoba memperbaiki semuanya. Jika Anda membandingkan dengan rekan tim saya (Pedrosa), ia menggunakan yang lain tapi itu ukuran yang berbeda. Dia jauh lebih kecil dan kemudian dia bisa menggunakan fairing yang lebih kecil," kata Marquez.
Marc MarquezMarc Marquez Foto: Gonzalo Fuentes/Reuters

Terlepas dari fairing baru tersebut, pemilihan ban yang tepat oleh pebalap bernomor 93 itu menjadikannya dia finis terdepan di GP Prancis semalam. Marquez menggunakan kombinasi ban depan medium dan ban belakang hard. Satu-satunya pebalap di MotoGP Le Mans semalam yang menggunakan ban belakang hard.

"Langkah pertama adalah pada pemilihan ban, saya adalah satu-satunya pebalap dengan ban belakang hard. Pagi ini (saat sesi pemanasan sebelum balapan) saya merasa benar-benar baik dan ini adalah kunci untuk balapan, saya mampu menjaga kecepatan konstan," ucapnya.

"Dan itu membuat pendekatan saya terhadap balapan sedikit berbeda karena saya tahu itu akan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk mencapai suhu yang tepat. Tapi selama pemanasan, saya mendapat kesempatan untuk memverifikasi bahwa setelah ban siap, itu sangat konstan, dan saya bisa menjaga ritme yang sangat baik," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed