Senin, 07 Mei 2018 12:56 WIB

Bukan Kecepatan, Ini yang Penting di Mobil Drift

Ruly Kurniawan - detikOto
Kejurnas Drifting Putaran pertama di Pondok Cabe (Foto: M. Luthfi Andika) Kejurnas Drifting Putaran pertama di Pondok Cabe (Foto: M. Luthfi Andika)
Tangerang Selatan - Kalau Otolovers sering menonton aksi mobil bakar ban atau drift, pernah terpikir tidak sih mengapa kendaraan yang digunakan hampir semuanya adalah sedan? Ya, alasannya karena mobil kecil tersebut memiliki bobot yang ringan, Rear Wheel Drive atau roda berpenggerak belakang, serta ground clearance rendah. Tapi bila ditelaah lagi, mobil sedan tersebut ternyata bukan kendaraan keluaran terkini loh, alias mobil-mobil jadul.

Ternyata penggunaan mobil seperti itu bukan tanpa alasan nih Otolovers. Soalnya, selain untuk mengurangi biaya restorasi bilamana ada beberapa piranti mobil yang rusak ternyata kecepatan tidak begitu penting nih dalam kegiatan drifting. Dikatakan drifter papan atas Indonesia Emmanuel Adwitya Amandio, dalam drifting yang paling penting adalah mobil bisa sliding atau ngesot.

"Paling penting adalah mobil bisa sliding, bukan kecepatan. Jadi, ground clearance, rem, sampai teknik sliding adalah hal paling penting untuk drift. Setelah itu baru kecepatan," katanya saat berbincang bersama detikOto usai helatan Super Drift 2018 di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Minggu (6/5/2018).



"Jadi paling utama adalah torsi. Tidak jarang juga mobil yang kecepatannya tinggi (horse power/Hp) kalah dengan yang punya torsi pas," lanjut Amandio.

Di kesempatan yang sama, ia pun memberi saran kepada pemuda yang ingin belajar untuk ngedrift. "Jangan pakai mobil MPV atau SUV kalau ingin ngedrift, pakai sedan yang RWD (Rear Wheel Drive) karena ground clearance mereka rendah. Sehingga tidak akan terpelanting. Lakukan juga di tempat yang memang proper," ucap Amandio.



Setelah itu, lanjutnya, belajar-lah dengan pembalap yang berpengalaman atau sekolah drift dengan melakukan donuts, dan sebagainya. "Harus tekun, itulah kunci utama supaya jago ngedrift," tutupnya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com