Minggu, 22 Apr 2018 20:05 WIB

Beda Rossi dan Marquez Saat Mengerem

Dina Rayanti - detikOto
Rossi dan Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Rossi dan Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Austin - Lahir di bulan yang sama tak berarti memiliki sifat atau karakteristik yang sama pula. Seperti itulah kira-kira yang menggambarkan dua pebalap MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez. Rossi lahir pada 16 Februari 1979 sementara sang rival Marquez lahir 14 tahun setelahnya pada 17 Februari 1993.

Banyak yang mengatakan Rossi dan Marquez memiliki karakter yang mirip terlebih saat sedang membalap. Itu membuat Marquez diprediksi bisa mengikuti jejak karier The Doctor karena deretan kemenangan yang dicatatkannya dari tahun ke tahun.

Tapi bicara soal teknik pengereman keduanya memiliki gayanya masing-masing nih Otolovers. Berdasarkan analisis sebuah perusahaan rem Brembo, ada perbedaan saat Rossi dan Marquez mengerem motornya.

Rossi misalnya yang kata Brembo masih memakai teknik jadul dan lebih suka dengan menggunakan rem depan. Menekan tuas rem di sisi kanan setang motor dengan tiga jarinya yakni telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

Ini tidak dilakukan oleh Marquez. Marquez rupanya lebih senang mengerem dengan satu jari yakni jari telunjuk. Hal seupa pun dilakukan oleh Casey Stoner.

Memang tidak ada suatu keharusan pengendara harus menggunakan jari apa saat mengerem, ini hanya soal kebiasaan dan kenyamanan si pengendara saja.

Mantan pebalap MotoGP Scott Russell dan Kenny Roberts Jr berbeda lagi, lebih suka menggunakan satu jari namun saat di tikungan justru menyesuaikan dengan dua jarinya.

Dalam beberapa tayangan di TV, Rossi jarang terlihat menggunakan rem belakang. Ini menandakan meskipun menggunakan rem depan, Rossi masih mampu mengerem dengan sempurna tanpa kehilangan grip di ban belakang. Itu bisa dilakukan Rossi berkat pengalamannya membalap sepanjang karirnya di MotoGP dan motornya menggunakan rem dari Brembo.

Sementara Marquez, seperti layaknya Dani Pedrosa sering terlihat saat mengerem ban belakang tampak seperti 'terbang'. Ini terjadi akibat pengereman di bagian depan dilakukan secara berlebihan. Kalau diperhatikan bahkan terlihat ban belakang Marquez seperti selip karena hal itu.

Rossi berdasarkan catatan Brembo mengerem dengan lebih apik. Meskipun sering mengerem dekat tikungan namun ia jarang membuat roda belakangnya selip.

[Gambas:Youtube]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed