Senin, 19 Mar 2018 18:10 WIB

Duterte Hancurkan Lagi Ratusan Mobil Selundupan

Dina Rayanti - detikOto
Mobil-mobil selundupan yang dihancurkan presiden Duterte. Foto: Facebook RTVM Mobil-mobil selundupan yang dihancurkan presiden Duterte. Foto: Facebook RTVM
Cagayan - Filipina cukup keras melarang tindak penyelundupan di negaranya. Pada Februari lalu misalnya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menghancurkan puluhan mobil mewah dengan bulldozer.

Kali ini Duterte kembali menghancurkan mobil-mobil selundupan itu. Dilihat dari akun Facebook milik stasiun televisi setempat, RTVM terlihat ada 14 mobil mewah yang dibeli secara selundupan dihancurkan dengan bulldozer. Duterte tak sendiri ia dibantu oleh Cagayan Economic Zone Authority (CEZA).


Kalau ditotal, secara harga ke-14 mobil tersebut memiliki harga total 27 juta Filipina peso atau kalau dirupiahkan setara Rp 7,1 miliar.

Mobil-mobil ini diselundupkan dari Jepang dan Korea. Deretan mobil mewah yang dihancurkan antara lain Maserati Quattro Porte, Porsche 911 GT3, BMW Alpina B12, BMW Z1, Opel Manta, Renault R5, dan delapan unit Mercedes-Benz.


14 mobil yang dihancurkan itu hanyalah simbolis karena setelahnya ada 841 mobil yang mengantre bakal diratakan dengan tanah setelah seluruh dokumen dibereskan.

Hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2002 oleh mantan Presiden Gloria Macapagal-Arroyo untuk memperkuat industri otomotif lokal dan mengurangi tindak penyelundupan.


(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed