Rabu, 21 Feb 2018 14:17 WIB

Seberapa Sulit Pabrikan Helm Lokal Tembus MotoGP?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Helm merek lokal Indonesia kini sudah tembus sampai kejuaraan balap motor dunia, MotoGP. Salah satunya adalah NHK yang menggandeng pebalap MotoGP asal Ceko, Karel Abraham.

Direktur Marketing PT Danapersadaraya Motor Industry Johannes Cokrodiharjo mengatakan tak terlalu sulit memenuhi spesifikasi yang disyaratkan balapan sekelas MotoGP. Yang terpenting adalah memenuhi standar keselamatan yang disyaratkan tersebut. Helm NHK yang dipakai Karel, misalnya, sudah mendapat sertifikasi SNELL M2015 dan ECE 22.05. Juga telah mendapat sertifikasi dari FIM untuk digunakan di MotoGP.

"Untuk persyaratan gampang sekali. Kalau mengenai (persyaratan) Dorna atau FIM, atau dari IRTA, bisa sertifikasi ECE, Snell, JIS," kata Johannes.

Namun, ada bagian yang sulit untuk helm lokal dipakai pebalap MotoGP. Yaitu meyakinkan pebalapnya untuk bisa memakai helm tersebut.

"Yang susah itu meyakinkan pebalapnya untuk mau menaruh nyawanya di helm kita. Itu susahnya bukan main, masalah kepercayaan," kata Johannes.

Kini, helm NHK sudah dipakai di ajang bergengsi itu. Yang menjadi tantangannya adalah bagaimana mempertahankan dan memajukannya.

"Bukan pekerjaan mudah, benar-benar harus berjuang. Dan kita harus tunjukkin," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Serangan Balik La Nyalla
Serangan Balik La Nyalla Selengkapnya