Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Desember 2017, 13:11 WIB

Apa Arti Ritual Jongkok Valentino Rossi Jelang Balapan?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Apa Arti Ritual Jongkok Valentino Rossi Jelang Balapan? Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Valentino Rossi selalu punya ritual unik sebelum memulai menunggangi motor balapnya. Lensa kamera fotografer biasa menangkap Rossi berlutut dan jongkok di samping motor sebelum naik motor balapnya.

Apa arti dari ritual berlutut Rossi? Dalam sebuah konferensi pers seperti terakam di video yang diunggah twitter MotoGP, Rossi mendapat pertanyaan apakah dia berbicara dengan motornya sebelum balapan. Pebalap Italia itu menjawab tidak berbicara dengan motornya saat berlutut tersebut.

"Itu sudah saya lakukan sejak awal karier saya. Sudah 30-40 tahun lalu," canda Rossi yang disambut tawa.

"Di awal karier saya kostum kulit (baju balap) saya tidak dalam ukuran yang pas. Jadi, (ritual berjongkok) itu hanya untuk membenarkan posisi kostum pada posisi yang benar," katanya.

Seiring waktu, Rossi terus melakukan kebiasaan itu. Kebiasaan berjongkok itu seakan menjadi ritual Rossi baik sebelum balapan, kualifikasi, atau latihan bebas. Dia menegaskan, saat berjongkok tidak berbicara dengan motornya.

"Setelah bertahun-tahun saya terus melakukan gerakan itu, hanya ritual untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat. Tapi saya tidak berbicara dengan motor. Tidak pada momen itu," katanya.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +