Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 12 November 2017, 16:38 WIB

Duel Marquez Vs Dovizioso, Ini Motor Pendukungnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Duel Marquez Vs Dovizioso, Ini Motor Pendukungnya Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Motogp Valencia 2017 (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valencia - Perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 masih terbuka. Marc Marquez dari Honda dan Andrea Dovizioso dari Ducati bakal bersaing memperebutkan gelar juara dunia di seri pemungkas MotoGP 2017 yang digelar di Valencia, malam ini.

Saat ini Marquez unggul 21 poin dari Dovizioso dan bertengger di puncak klasemen sementara. Marquez lebih diunggulkan untuk merebut gelar juara dunia. Sementara Dovizioso masih berpeluang menjadi juara, tapi dengan tantangan yang lebih besar.

Di antara duel Marquez vs Dovizioso, motor-motor andalan kedua pembalap itu pun menjadi pendukung perebutan juara dunia. Marquez mengandalkan motor balap Honda RC213V 2017, dan Dovizioso menunggangi Ducati Desmosedici GP.

Bagaimana perbandingan di atas kertas kedua motor yang bakal mendukung ridernya dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2017 itu? Motor balap Honda dan Ducati di MotoGP sama-sama menggunakan mesin berkonfigurasi V4.

Honda RC213V 2017Honda RC213V 2017 Foto: HRC (hondaracingcorporation)


Honda RC213V yang menjadi tunggangan Marquez menggendong mesin DOHC V4 berpendingin cairan. Kapasitasnya 1.000 cc.

Menurut data yang dirilis Honda Racing Corporation, mesin itu mampu menyemburkan tenaga lebih dari 241 daya kuda.

Honda RC213V memanfaatkan frame tipe aluminium twin-tube. Frame jenis itu disebut ringan dan menyajikan karakteristik kaku dan kuat untuk mendukung tenaga mesin yang kuat.

Selain itu, Honda RC213V 2017 didukung oleh suspensi Ohlins di depan dan belakang. Suspensi menjadi hal penting dalam balapan karena bertugas sebagai penghubung roda dan sasis sehingga menjaga kontak ban dengan lintasan dan menghasilkan grip yang baik. Soal pengereman, motor Marquez didukung rem dari Brembo.

Desmosedici GP17Desmosedici GP17 Foto: ducati.com


Beralih ke tunggangan Dovizioso, pebalap asal Italia itu didukung oleh motor Ducati Desmosedici GP. Motor itu menggendong mesin V4 90 derajat empat tak berpendingin cairan, evo desmodromic DOHC, empat katup per silinder, 1.000 cc.

Menurut catatan data teknikal Ducati, mesin itu mampu menyemburkan tenaga lebih dari 250 daya kuda. Kecepatan tertingginya bisa 350 km/jam lebih.

Motor Dovi menggunakan frame aluminium alloy evo twin-spar. Motor itu dilengkapi suspensi depan Ohlins inverted 48 mm, dan suspensi belakang Ohlins, adjustablepreload, new factory evolution damping system.

Untuk pengereman, Ducati Desmosedici GP ini didukung rem depan karbon dari Brembo, dua cakram 340 mm dengan kaliper empat piston. Di belakang ada rem cakram stainless steel dengan kaliper dua piston.

Balapan seri pemungkas di Valencia malam nanti akan menjadi pembuktian siapa yang terkuat antara Marquez dan Dovizioso di musim MotoGP 2017. Otolovers juga bisa menjadi saksi siapa yang akan meraih gelar juara dunia MotoGP musim 2017 melalui livestreaming yang disiarkan detikcom dan detikSport di sini. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed