Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 September 2017, 17:22 WIB

Tak Asal Ngebut, Setingan Suspensi Motor MotoGP Juga Harus Pas

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tak Asal Ngebut, Setingan Suspensi Motor MotoGP Juga Harus Pas Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Motor MotoGP tak hanya harus bisa ngebut. Motor bertenaga sampai 250 daya kuda ini juga harus memiliki kestabilan.

Sebab, ajang MotoGP tak hanya melombakan ngebut di lintasan lurus. Motor juga harus bisa menaklukkan tikungan demi tikungan dalam kecepatan tinggi di lintasan balap MotoGP.

Untuk mendukung kestabilan, motor MotoGP pun harus dibekali setingan suspensi yang pas. Suspensi motor balap berkecepatan hingga lebih dari 350 km/jam ini tak bisa diseting terlalu empuk atau terlalu keras.

Nah, akun Instagram MotoGP belum lama ini telah menampilkan sebuah video penjelasan mengenai bantingan suspensi depan motor MotoGP, empuk vs keras. Apa kelebihan dan kekurangan suspensi depan yang terlalu empuk atau terlalu keras?



Mulai dari setingan suspensi keras. Suspensi depan yang diseting lebih keras mendukung pengereman yang lebih baik dan bantingan suspensi itu lebih lama untuk mencapai batas mentoknya. Namun, setingan suspensi depan yang lebih keras berisiko membuat ban depan kehilangan grip saat menikung, juga setingan suspensi depan yang lebih keras membuat ban cepat habis.

Selanjutnya adalah setingan suspensi depan yang lebih lembut. Setingan suspensi depan itu tak mendukung pengereman lebih baik dibandingkan suspensi depan keras.

Selain itu, suspensi yang lebih empuk juga membuat suspensi berisiko langsung mentok sehingga berpotensi kehilangan traksi depan jika suspensi depan mentok. Namun, suspensi yang lebih lembut memiliki keunggulan, yaitu mudah mendapatkan geometri cornering yang tepat sehingga motor akan menikung lebih baik. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed