Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 18 April 2017, 15:24 WIB

Malaysia Gelar Formula 1 untuk Terakhir Kalinya

Alfiza Satrio - detikOto
Malaysia Gelar Formula 1 untuk Terakhir Kalinya Foto: Mark Thompson/Getty Images
Kuala Lumpur - Setelah 19 tahun beruntun menggelar perhelatan Formula 1, Perdana Menteri Malaysia, Seri Najib Tun Razak, menyatakan bahwa 2017 akan menjadi tahun terakhir sirkuit Sepang menyelenggarakan kejuaraan jet darat terbesar di dunia itu.

Najib mengatakan bahwa keputusan ini diambil melihat sudah semakin menurunnya keuntungan yang didapat oleh penyelenggara dibanding biaya yang dikeluarkan untuk menggelar seri F1 Malaysia tersebut.

"Menggelar F1 memang membantu mempromosikan Malaysia sebagai salah satu destinasi liburan olahraga dunia. Namun keputusan ini harus diambil dengan melihat beberapa hal terkait masalah finansial yang berdampak pada banyak pihak," ujar Najib.

Pebalap Lewis Hamilton di Sepang tahun 2016Pebalap Lewis Hamilton di Sepang tahun 2016 Foto: Clive Mason/Getty Images


Seperti dilansir Paultan, berkurangnya jumlah penonton, pengunjung, hingga turis mancanegara dalam beberapa tahun terakhir memang menjadi alasan utama penghentian keikutsertaan Sepang International Circuit dari ajang Formula 1.

"Dulu hanya ada 16 negara yang terlibat dalam kejuaraan F1. Kini sudah bertambah menjadi 21 negara, dengan 6 diantaranya merupakan negara Asia. Tentu ini berdampak pada penurunan pendapatan baik bagi penyelenggara maupun bagi Malaysia sendiri," tambah Najib.

Meski begitu, Najib menegaskan bahwa Sepang masih akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan balap lainnya seperti MotoGP.

Sementara itu, keluarnya Sepang dari F1 juga tak berpengaruh terhadap perusahaan minyak dan gas asal Malaysia, Petronas, yang masih akan tetap menjadi sponsor bagi tim Mercedes AMG Petronas F1.

Malaysia Gelar Formula 1 untuk Terakhir KalinyaFoto: Getty Images/Clive Rose


Sementara itu dikutip dari situs resmi Formula 1, keputusan menghentikan balapan di Malaysia merupakan keputusan bersama Formula 1 dan Sepang International Circuit (SIC).

"Mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga Formula 1 memang selalu sedih. Selama hampir dua dekade, penggemar Formula 1 Malaysia sudah membutikan mereka sebagai penggemar olahraga yang bersemangat," ujar Managing Director, Commercial Operations, Formula 1 Sean Bratches.

Balapan Formula 1 terakhir Malaysia itu akan diadakan bulan Oktober mendatang.

Malaysia Gelar Formula 1 untuk Terakhir KalinyaFoto: Zaki Alfarabi/Grafis


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +