Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 09 Oktober 2016, 14:17 WIB

Rosberg Tak Terbendung di Suzuka

Meylan Fredy Ismawan - detikOto
Rosberg Tak Terbendung di Suzuka Foto: REUTERS/Toru Hanai
Suzuka - Nico Rosberg tampil begitu dominan dari awal sampai akhir balapan GP Jepang. Pebalap Mercedes itu finis di posisi terdepan, disusul Max Verstappen dan Lewis Hamilton.

Start dari pole position, Rosberg tak membuat kesalahan di sepanjang lomba 53 lap di Sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2016). Pebalap Jerman itu hanya kehilangan posisi terdepan saat melakukan pitstop. Situasi itu juga hanya berlangsung sebentar. Rosberg akhirnya menyelesaikan balapan dalam waktu 1 jam 26 menit 43,333 detik.

Verstappen finis di posisi kedua setelah mengawali balapan dari posisi kelima. Pebalap Red Bull itu finis 4,978 detik di belakang Rosberg.

Sementara itu, Hamilton harus membayar mahal startnya yang buruk. Dia sempat tercecer pada lap-lap awal kendati pada akhirnya finis di posisi ketiga.

Hasil ini memperkokoh posisi Rosberg di puncak klasemen pebalap F1. Dia kini unggul 33 poin atas Hamilton yang berada di posisi kedua dengan empat seri tersisa.

Jalannya Balapan

Rosberg tak membuat kesalahan saat start dan berhasil mempertahankan posisi terdepan. Rosberg tetap memimpin lomba di sepanjang lap pembuka.

Sebaliknya, start Hamilton sangat buruk. Dia langsung tercecer ke posisi kedelapan setelah disalip enam pebalap lain.

Hingga lap keenam, Rosberg masih berada di posisi paling depan. Di belakangnya ada Verstappen, Sebastian Vettel, Sergio Perez, Daniel Ricciardo, Kimi Raikkonen, Nico Hulkenberg, Hamilton, Romain Grosjean, dan Esteban Gutierrez. Pada lap ketujuh, Hamilton menyalip Hulkenberg untuk merebut posisi ketujuh.

Posisi Hamilton kembali membaik pada lap ke-11. Dia diuntungkan oleh pitstop yang dilakukan oleh Verstappen dan Ricciardo. Hamilton kini berada di posisi kelima, sedangkan posisi terdepan masih dikuasai Rosberg.

Rosberg, Vettel, Perez, dan Raikkonen masuk pit secara bersamaan pada lap ke-13. Hamilton pun naik ke posisi pertama. Tapi, begitu Hamilton masuk pit pada lap berikutnya, Rosberg kembali memimpin.

Pada lap ke-17, Rosberg tetap berada di urutan terdepan dan dibuntuti oleh Verstappen, Vettel, Hamilton, Ricciardo, Valtteri Bottas, Raikkonen, Perez, dan Felipe Massa.


Rosberg berusaha untuk membuat jarak dengan Verstappen. Pada lap ke-28, dia unggul sekitar lima detik atas pebalap Red Bull itu.

Vettel mengambil alih posisi terdepan setelah Rosberg masuk ke pit untuk kedua kalinya. Vettel memimpin di depan Hamilton.

Namun, tak berselang lama Hamilton dan Vettel juga melakukan pitstop. Rosberg pun kembali ke posisi terdepan pada lap ke-35, disusul Verstappen, Hamilton, dan Vettel.

Dengan memakai ban soft, Vettel berusaha untuk menekan Hamilton, yang memakai ban hard. Jarak di antara kedua pebalap kurang dari sedetik.

Namun, upaya Vettel rupanya sia-sia. Dia gagal melewati Hamilton, yang berhasil memperlebar jarak.

Setelah aman dari tekanan Vettel, Hamilton selanjutnya mencoba untuk merebut posisi kedua dari tangan Verstappen. Pada lap ke-46, kedua pebalap hanya berjarak sekitar 0,7 detik.

Sementara itu, Rosberg melaju dengan nyaman di posisi terdepan. Jaraknya dengan Verstappen lebih dari lima detik.

Hamilton dan Verstappen sempat terlibat pertarungan sengit pada lap ke-52. Hamilton sudah begitu dekat dengan Verstappen, tapi pada akhirnya justru keluar dari trek meski kemudian bisa kembali ke lintasan.

Lomba akhirnya dimenangi oleh Rosberg, yang finis di depan Verstappen dan Hamilton. Berikut hasil lengkap GP Jepang :



(mfi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +