Minggu, 04 Sep 2016 20:53 WIB

GP Italia

Rosberg Juara, Mercedes Finis 1-2

Rossi Finza Noor - detikOto
Foto: Getty Images/Dan Istitene Foto: Getty Images/Dan Istitene
Monza - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, memenangi balapan GP Italia. Sementara itu, rekan satu timnya, Lewis Hamilton, finis di urutan kedua.

Ini merupakan kemenangan ketujuh Rosberg musim ini dan yang kedua dalam dua balapan berurutan. Sebelumnya, pebalap asal Jerman tersebut menjadi juara di GP Belgia.

Dengan kemenangan ini, Rosberg memangkas jarak dengan Hamilton di klasemen sementara. Hamilton masih memimpin klasemen dengan nilai 250, sementara Rosberg berada di posisi kedua dengan nilai 248. Persaingan keduanya pun makin ketat di tujuh balapan tersisa. Balapan selanjutnya akan dihelat di Singapura, 18 September 2016.

Di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Minggu (4/9/2016) malam WIB, Sebastian Vettel, yang start dari urutan kedua, berhasil memimpin jalannya balapan selepas start. Sementara itu, Sebastian Vettel naik ke urutan kedua.

Pada tikungan pertama, tidak jauh dari garis mula balapan, Vettel sempat nyaris menyalip Rosberg. Namun, Rosberg berhasil mempertahankan posisinya dan tetap menjadi pebalap terdepan.

Start buruk justru dilakukan oleh Lewis Hamilton, yang menempati pole. Pebalap asal Inggris itu tersalip oleh beberapa mobil dan akhirnya menempati urutan keenam setelah tikungan pertama.

Lima pebalap di depan Hamilton adalah Rosberg, Vettel, Kimi Raikkonen, Valtteri Bottas, dan Daniel Ricciardo. Nasib sial dialami oleh Jolyon Palmer dan Felipe Nasr. Mobil keduanya bersenggolan sehingga membuat sayap depan mobil Palmer rusak. Keduanya pun langsung masuk pit untuk memperbaiki mobil masing-masing.

Dalam enam putaran pertama, Rosberg terus menggeber mobilnya sehingga menciptakan jarak sekitar 2 detik dengan Vettel yang berada di belakangnya. Sedangkan Hamilton berjuang untuk memperbaiki posisinya seraya mendapatkan instruksi dari Mercedes untuk menjaga baik-baik kondisi ban-nya.

Hamilton pun menjalankan tugasnya dengan baik. Ia berhasil memperbaiki posisinya dan berada di belakang Bottas. Setelah sempat tertinggal sekitar 1 detik di belakang Bottas, ia kemudian memperbaiki catatan waktunya dan memangkas jarak dengan Bottas menjadi hanya setengah detik saja.

Hamilton akhirnya melewati Bottas. Dari radio, timnya memuji perjuangannya dan mengatakan, dengan strategi yang pas akan menempatkannya di belakang Rosberg. Namun, di posisi terdepan, Rosberg terus menggeber mobilnya untuk menciptakan jarak yang cukup signifikan dengan pebalap di belakangnya.

Lewat lap ke-11, Hamilton sudah berada di urutan keempat. Ketika Mercedes menyadari bahwa mayoritas tim akan melakukan strategi dua kali pit, mereka menginformasikan kepada Hamilton untuk tetap pada rencana awal. Artinya, Hamilton hanya akan melakoni satu kali pit. Sama seperti Rosberg.

Kendati begitu, Hamilton mengeluhkan bahwa ban belakangnya sedikit aus. Mercedes kemudian menanggapinya untuk mempertahankannya sedikit lebih lama lagi.

Sementara itu, Kimi Raikkonen masuk pit. Sedangkan Vettel akhirnya masuk pit pada lap ke-17 dari posisi kedua, mengganti ban-nya menjadi super soft. Di dalam pit, Vettel sempat mengalami masalah ketika wheelgun yang digunakan untuk mencopot ban macet. Ia kehilangan waktu karenanya.

Hamilton pun naik ke urutan kedua. Namun, jaraknya dengan Rosberg yang berada di urutan pertama cukup jauh: 14 detik. Hanya saja, keduanya sama-sama belum masuk pit.

Rosberg akhirnya masuk pit pada lap ke-25. Jaraknya dengan Hamilton ketika itu 12 detik. Ketika keluar dari pit, Rosberg tepat berada di depan Vettel. Ia berada di posisi kedua. Hamilton memimpin, tetapi akhirnya masuk ke pit. Keluar dari pit, Hamilton berada di belakang duo Ferrari, Vettel dan Raikkonen, sementara Rosberg pun kembali memimpin balapan.

Dari situ, Rosberg tidak terganggu gugat. Ia terus berada di depan. Sedangkan Hamilton, yang berada di posisi keempat, menunggu kesempatan dua pebalap Ferrari yang berada di depannya untuk masuk pit kedua kalinya.

Vettel akhirnya masuk pit pada lap ke-33. Ia keluar dari pit dan berada di posisi kelima. Raikkonen masuk pit juga tak lama setelahnya. Ini membuat dua pebalap Mercedes, Rosberg dan Hamilton, berada di posisi pertama dan kedua.

Strategi satu pit Mercedes berhasil. Rosberg berada di posisi terdepan dan terus memperlebar jarak dengan Hamilton yang berada di belakangnya. Jarak keduanya pun menjauh hingga lebih dari 10 detik.

Ketika akhirnya Rosberg finis lebih dulu, ia membuat jarak sekitar 15 detik dengan Hamilton yang berada di posisi kedua. Sementara itu, Vettel dan Raikkonen finis di urutan ketiga dan keempat.

Hasil GP Italia

(roz/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed