Sabtu, 27 Agu 2016 07:26 WIB

Bakal Start dari Belakang, Hamilton Akan Coba Jaga Keunggulan di Klasemen

Rifqi Ardita Widianto - detikOto
Spa - Lewis Hamilton akan memulai balapan GP Belgia dari posisi buncit karena pergantian mesin. Kini fokusnya adalah mencoba mempertahankan keunggulan di klasemen.

Hamilton akan memulai balapan di Sirkuit Spa Francorchamps, Minggu (28/8/2016) dari posisi belakang karena mendapatkan penalti. Driver Mercedes itu mendapatkan penalti turun 30 posisi karena dua kali melakukan pergantian mesin dan sejumlah komponennya, masing-masing di sesi latihan bebas pertama dan kedua.

Mercedes kemungkinan masih akan melakukan perubahan lain pada mesin atau komponennya di sesi berikutnya, mengingat tambahan penalti tak akan berpengaruh banyak pada Hamilton. Satu hal positif dari langkah ini adalah, mereka bisa menguji mesin dan komponennya untuk sisa musim, meski pebalap harus memulai balapan dari posisi buncit.

Bagi Hamilton, kini dia berharap bisa tetap mendapatkan hasil bagus meski tak akan mudah. Pebalap asal Inggris itu akan mencoba menjaga keunggulan atas rekan setimnya, Nico Rosberg, di klasemen kejuaraan. Saat ini Hamilton memuncaki klasemen dengan nilai 217, 19 poin di depan Rosberg.

"Saya tidak akan mengatakan bahwa balapan dari belakang itu secara khusus menarik, tapi itulah yang saya hadapi dan saya akan melakukan yang terbaik dengan situasi itu. Saya suka aksi balap, jadi itu tidak masalah," kata Hamilton dikutip Crash.

"Saya mendengar mereka mengatakan para pebalap Red Bull cepat, Force India juga cepat, dan Ferrari ada di suatu titik. Masuk ke-10 besar itu mungkin bukan hal yang sulit, tapi melewati orang-orang inilah yang akan lebih sulit."

"Pastinya menjaga keunggulan poin itu adalah targetnya. Tapi entah saya mampu atau tidak melakukan itu, tugas itu sangatlah sulit untuk dilakukan. Ada jalan panjang yang harus ditempuh di musim ini, jadi apapun itu tidak begitu masalah," imbuhnya.

Free Practice II

Sementara itu Max Verstappen jadi pebalap tercepat di sesi kedua latihan bebas GP Belgia. Di belakang Verstappen ada rekan setimnya di Red Bull Racing Daniel Ricciardo.

Pada sesi yang dihelat di sirkuit Spa Francorchamps, Jumat (26/8/2016) malam WIB, duo Red Bull sepertinya tidak akan mampu mengadang laju Mercedes GP yang berjaya di sesi pertama.

Sebab Mercedes lewat Lewis Hamilton dan Nico Rosberg begitu dominan kala itu. Tapi perubahan rencana dari tim tersebut membuka jalan Red Bull untuk menguasai sesi kedua ini.

Pada akhirnya Verstappen mampu melajukan mobilnya dengan catatan waktu tercepat 1 menit 48,085 detik, unggul 0,250 detik dari Ricciardo di posisi dan unggul 0,260 detik dari catatan waktu Rosberg di sesi pertama.

Rosberg yang menggunakan ban soft harus puas di posisi keenam dengan 1 menit 49,161 detik. Hamilton malah lebih jeblok setelah dia menggunakan mesin baru dengan finis posisi ke-13 dengan selisih waktu 1,697 detik dari Verstappen.

Di posisi ketiga ada Nico Hulkenberg, yang disusul Sebastian Vettel dan Sergio Perez untuk melengkapi posisi lima besar. Berurutan dari posisi ke-7 hingga ke-10 adalah Kimi Raikkonen, Romain Grosjean, Jenson Button, dan Esteban Gutierrez.

Hasil Free Practice II GP Belgia

(raw/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com