Minggu, 31 Jul 2016 21:43 WIB

Hamilton Juara di GP Jerman

Novitasari Dewi Salusi - detikOto
Hockenheim - Lewis Hamilton membukukan kemenangan keempat secara beruntun dengan juara di GP Jerman. Dia finis di depan duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.

Dalam balapan di Sirkuit Hockenheim, Minggu (31/7/2016) malam WIB, Hamilton yang memulai dari posisi kedua langsung melesat ke urutan pertama saat start dengan menyalip Nico Rosberg. Rosberg sendiri melorot ke urutan keempat setelah dilewati oleh duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Di sepanjang balapan, Hamilton relatif tak menemui hambatan berarti. Dia berhasil mempertahankan posisinya sampai garis finis.

Red Bull menempatkan dua pebalapnya di podium. Ricciardo finis di posisi kedua di depan Verstappen yang ada di urutan ketiga. Sementara itu, Rio Haryanto finis di posisi ke-20.

Ini jadi kemenangan keempat yang dicatat Hamilton. Sebelumnya, pebalap Mercedes asal Inggris itu juara di Austria, Inggris, dan Hongaria.

Dengan demikian, Hamilton makin mantap di puncak klasemen pebalap dengan 217 poin. Dia unggul 19 poin dari Rosberg yang ada di urutan kedua dan finis di posisi empat di GP Jerman.

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton yang memulai balapan dari urutan kedua langsung melesat ke posisi terdepan. Sedangkan Nico Rosberg yang meraih pole justru melakukan start buruk. Dia disalip oleh duo Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Sementara itu, Rio Haryanto yang start dari urutan 19 mengalami penurunan posisi. Dia melorot ke posisi 22 setelah lap pertama.

Pertarungan sengit terjadi di lap kedua antara Rosberg dan Ricciardo di tikungan 6. Rosberg menempel ketat Ricciardo untuk memperebutkan posisi ketiga. Tapi Ricciardo berhasil mempertahankan posisinya.

Di lap 7, Rio sempat bersenggolan dengan Pascal Wehrlein. Insiden tersebut membuat sayap depan mobil Rio patah. Tapi Rio masih bisa meneruskan balapan.

Hamilton terus melaju mulus di posisi terdepan. Di lap ke-10, Hamilton mencatat putaran tercepat dan unggul 3,8 detik atas Verstappen yang ada di urutan kedua.

Verstappen dan Rosberg masuk ke pit di akhir lap 11 untuk berganti ke ban supersoft. Saat kembali ke lintasan, Verstappen ada di urutan delapan dan langsung menyalip Jenson Button untuk naik ke urutan tujuh. Sementara Rosberg masuk di urutan 10.

Di lap 13, giliran Ricciardo yang masuk pit, untuk mengganti ke ban super soft. Keluar dari pit, Ricciardo masuk di posisi lima di antara Verstappen dan Rosberg. Rosberg menyalip Fernando Alonso untuk ada di posisi tujuh.

Pitstop yang sempurna dilakukan Hamilton di lap 14. Saat kembali ke lintasan, pebalap Mercedes itu masih mempertahankan posisinya di urutan terdepan, enam detik di depan Verstappen.

Di lap 15, Kimi Raikkonen sempat mengalami masalah saat masuk pit dan membuatnya turun ke posisi tujuh saat kembali ke lintasan. Tapi tak butuh waktu lama bagi Raikkonen untuk menyalip Romain Grosjean dan naik ke posisi enam.

Rosberg masuk pit untuk kedua kalinya di lap 28 untuk ganti ke ban soft. Kembali ke lintasan, Rosberg ada di posisi enam di belakang Raikkonen.

Di lap 29, gantian Verstappen yang masuk pit dan ganti ke ban soft. Saat masuk ke lintasan, Verstappen tepat di depan Rosberg. Tapi Rosberg kemudian bisa menyalip Verstappen di tikungan. Sementara itu, Verstappen melebar.

Manuver Rosberg tersebut kemudian diinvestigasi oleh stewards. Rosberg dianggap mendorong Verstappen keluar dari trek dan pada akhirnya mendapat penalti lima detik.

Di lap 34, Ricciardo masuk pit untuk ganti ke ban supersoft. Kembali ke lintasan, Ricciardo ada di posisi empat di belakang Rosberg dan Verstappen.

Di lap 35, Hamilton juga masuk pit untuk berganti ke ban supersoft. Kembali ke trek, Hamilton masih mempertahankan posisinya di urutan terdepan.

Ricciardo terus mendekati Verstappen. Di lap 40, Ricciardo akhirnya menyalip Verstappen. Ricciardo terus menekan dan cuma berjarak 0,7 detik dari Rosberg di lap 44.

Rosberg pada akhirnya masuk ke pit dan menjalankan penalti lima detiknya. Rosberg juga berganti ke ban soft dan kembali ke lintasan di posisi enam di belakan duo Ferrari.

Di lap 47, Ricciardo masuk ke pit untuk ganti ke ban supersoft. Vettep juga masuk ke pit, mengganti bannya ke ban soft. Vettel kembali ke lintasa di posisi enam di belakang Rosberg. Sedangkan Ricciardo tetap ada di depan Verstappen dengan ada di posisi tiga.

Setelah beberapa pebalap masuk pit, Ricciardo kembali ke posisi kedua dengan terus dibayang-bayangi oleh Verstappen.

Di lap-lap terakhir, hujan rintik-rintik sempat jatuh di lintasan. Namun hujan tak sampai deras saat balapan selesai. Pada akhirnya, Hamilton jadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Dia diikuti oleh Ricciardo dan Verstappen. Sementara Rosberg harus puas finis di posisi empat.

(nds/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com