Minggu, 22 Mei 2016 10:21 WIB

Rossi Start Paling Depan di Mugello

Rossi Finza Noor, Rifqi Ardita Widianto - detikOto
Mugello - Pebalap Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, start paling depan di MotoGP Italia 2016. Rossi mengungguli Maverick Vinales dan Andrea Iannone yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Bagi Rossi, ini merupakan pole keduanya musim ini. Pole pertamanya ia dapatkan pada MotoGP Spanyol, di mana ia juga keluar sebagai pemenangnya. Ini juga merupakan pole pertamanya di Mugello sejak 2008.

Di Sirkuit Mugello, Sabtu (21/5/2016), Rossi merebut posisi start terdepan setelah menorehkan catatan waktu 1:46,504 detik. Ia mendapatkan catatan waktu tersebut ketika sesi kualifikasi sedikit lagi selesai.

Posisi kedua ditempati oleh rekan Rossi di Yamaha musim depan, Vinales, yang menorehkan catatan waktu 1:46,598 detik. Catatan waktu Vinales berselisih 0,094 detik dari Rossi.

Sementara itu, Iannone berada di posisi ketiga dengan catatan waktu 1:46,607 detik dan pebalap Honda, Marc Marquez, berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1:46,759 detik.

Marquez punya kesempatan untuk mengalahkan catatan waktu Rossi pada putaran terakhirnya, namun ia gagal melakukannya.

Rekan satu tim Rossi di Yamaha saat ini, Jorge Lorenzo, berada di posisi kelima dengan catatan waktu 1:46,882 detik. Catatan waktunya berselisih 0,378 detik dari Rossi.

Hasil kualifikasi itu menjadi topik pembicaraan karena Rossi dan Vinales dinilai telah bekerja sama di sesi tersebut demi mendapatkan waktu terbaik. Khusus untuk Rossi, Lorenzo menilai sejak awal rekan setimnya itu tak terlalu cepat tapi bisa tiba-tiba melesat di kualifikasi.

Rossi memang hanya menempati posisi enam dan delapan di sesi latihan bebas dua dan tiga --tak turun di sesi pertama karena hujan-- dengan selisih sekitar 0,5 dari pebalap tercepat. Pada dua sesi tersebut catatan waktu terbaik pebalap asal Italia itu adalah satu menit 47,540 detik, namun tiba-tiba meningkat menjadi satu menit 46,504 detik di kualifikasi.

"Strategi saya adalah untuk menjalaninya sendiri, melakukan putaran secepat mungkin," kata Lorenzo dikutip Motorsport.

Rossi menolak dianggap bekerja sama dengan Vinales dan menegaskan pertemuannya di trek memang hanya kebetulan saja. Rossi juga percaya bahwa Vinales merasa kecewa karena gagal meraih pole setelah dilewatinya di putaran terakhir.

"Saya beruntung di akhir sesi bisa mendapatkan slipstream dari Maverick untuk membantu saya meraih pole position. Ketika di trek, Anda selalu mencoba menguntit pebalap lain," ujar Rossi dikutip Motorsport.

"Dan ketika saya mencoba menguntit Vinales, dia bukanlah tipe pebalap yang lantas memperlambat laju motornya, dia selalu terus berusaha keras. Itu sama sekali tidak direncanakan sebelumnya."

"Itu cuma karena kami berdua menunggu sampai belakangan untuk meninggalkan pit agar tak terhambat kerumunan. Saya rasa hari ini Maverick bahkan tidak merasa senang saya ada di belakangnya (di kualifikasi) karena kalau tidak, dia akan ada di pole," tambahnya.

Bantahan Rossi juga diperkuat Vinales. Rider Suzuki yang musim depan akan mendampingi Rossi di Yamaha itu malah menilai Lorenzo sudah melakukan hal yang sama dengan rider Ducati Andrea Iannone sebelumnya.

"Lorenzo tak bisa bicara seperti itu, karena dia merencanakan sesinya dengan Iannone, yang mencatatkan waktunya di belakangnya. Rossi mengambil pole saya, tapi harus Anda akui dia melakukan pekerjaan yang bagus," demikian Vinales.

Hasil Kualifikasi MotoGP Italia
(sumber: situs MotoGP)


(roz/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com