Senin, 18 Mei 2015 08:16 WIB

Tak Dapat Poin, Pedrosa Lihat Sisi Positifnya

- detikOto
AFP/CHARLY TRIBALLEAU
Le Mans - Dani Pedrosa tak mendapatkan poin pada balapan pertamanya usai comeback. Meski demikian, Pedrosa mencoba melihat sisi positif dari balapan MotoGP Prancis.

Balapan di Sirkuit Le Mans, Minggu (17/5/2015), adalah balapan pertama Pedrosa setelah menjalani operasi di lengan kanannya untuk menyelesaikan masalah arm-pump. Pebalap Repsol Honda itu sebelumnya absen di Austin, Argentina, dan Jerez.

Tapi, balapan di Le Mans tak berjalan mulus untuk Pedrosa. Start dari posisi kedelapan, dia terjatuh ketika lomba baru memasuki putaran kedua. Untungnya, dia masih bisa meneruskan balapan dan finis di posisi ke-16, yang berarti dia tak mendapatkan poin.

"Saya mengubah kerugian menjadi keuntungan, dan saya berusaha untuk menjadikan balapan ini sebagai tes untuk lengan. Pada dasarnya, saya melaju dengan kecepatan yang saya mampu dalam kondisi ini," ujar Pedrosa seperti dikutip Crash.

"Saya cukup senang dengan kondisi fisik saya. Saya pikir saya masih perlu sedikit meningkatkannya. Namun, saya kira dalam beberapa pekan ke depan, dengan terapi yang harus saya jalani, dengan lebih banyak mengendarai motor, dan lebih banyak lap, saya bisa makin membaik," paparnya.

"Jadi, secara umum, ada hal positif hari ini meskipun saya tidak mendapatkan poin. Tapi, terlepas dari itu, sekarang adalah saatnya berusaha membenahi motor, yang mana cukup sulit karena saya bisa merasakan area-area yang masih kurang dan bagian mana yang perlu kami benahi dan bagaimana," lanjut pebalap 29 tahun itu.

"Jadi, saya berharap kami bisa mendapatkan ide-ide untuk membuat motor jadi lebih baik dalam beberapa pekan ke depan karena sekarang kami sedikit kesulitan untuk mengejar rival-rival kami," katanya.

Pedrosa kini menempati posisi ke-15 di klasemen pebalap. Dia baru mengumpulkan 10 poin hingga seri kelima.

Jalannya lomba

Start yang ketat di antara Marquez, Dovizioso, dan Lorenzo. Dovi unggul di tikungan pertama, tapi Lorenzo menyalip di tikungan ketiga. Marquez mencoba menyelinap di tikungan berikutnya, tapi dia tidak berhasil.

Belakangan Marquez sang pemegang pole position bahkan dilewati Iannone. Posisi 1-5 di lap pertama adalah Lorenzo, Dovizioso, Iannone, Marquez, dan Rossi.

Kabar buruk untuk Dani Pedrosa yang terjatuh menjelang putaran kedua. Comeback yang tidak bagus untuk rider Honda itu, setelah ia absen di tiga seri sebelumnya karena cedera. Sementara itu fastest lap pertama dimiliki Lorenzo.

Di lap kedua Aleix Espargaro memarkir Suzuki-nya ke garasi alias out. Di lintasan Rossi duel side by side dengan Marquez, dan The Doctor berhasil melewati rivalnya itu.

Cal Crutchlow adalah pebalap berikutnya yang terjungkal di lap keempat, saat membuntuti Marquez yang tercecer ke posisi keenam setelah disalip Bradley Smith.

Performa memukau ditunjukkan Rossi. Di lap ke-10 ia berhasil mengalahkan Iannone untuk mengambil alih posisi ketiga. Dan dia terus merapat ke ekor motor Dovizioso, sedangkan Lorenzo cukup aman di posisi terdepan.

Dua lap kemudian Rossi dengan cantik mengalahkan Dovi di tikungan. Aksinya itu membuat Yamaha dalam urutan 1-2. Marquez? Ia masih sibuk dengan pertarungannya melawan Smith dan Pol Espargaro.

Sejak itu balapan sepertinya sudah menjadi milik Yamaha. Lorenzo memberi jarak yang signifikan untuk dikejar Rossi. Dovizioso juga cukup aman untuk mengunci posisi ketiga.

Yang lebih seru terjadi di barisan belakang mereka. Marquez tampil habis-habisan di 7 lap terakhir dengan bertarung sengit melawan Smith dan kemudian Iannone. Marquez akhirnya "menang" dan mendapat tambahan 13 poin.

Hasil MotoGP Prancis 2015:

1. Jorge Lorenzo (Yamaha Factory) 43' 44.143
2. Valentino Rossi (Yamaha Factory) +03.820
3. Andrea Dovizioso (Ducati Team) +12.380
4. Marc Marquez (Honda HRC) +19.890
5. Andrea Iannone (Ducati Team) +20.237
6. Bradley Smith (Yamaha Tech 3) +21.145
7. Pol Espargaro (Yamaha Tech 3) +35.493
8. Yonny Hernandez (Pramac Racing) +39.601
9. Maverick Vinales (Suzuki MotoGP) +41.571
10. Danilo Petrucci (Pramac Racing) +42.789
11. Nicky Hayden (Aspar MotoGP Team) +53.636
12. Loris Baz (Athina Forward Racing) +01' 00.617
13. Hector Barbera (Avintia Racing) +01' 04.272
14. Eugene Laverty (Aspar MotoGP Team) +01' 05.259
15. Alvaro Bautista (Aprilia Racing Team Gresini) +01' 05.515
16. Dani Pedrosa (Honda HRC) +01' 20.907
17. Alex de Angelis (Ioda Racing) +01' 21.663
18. Marco Melandri (Aprilia Racing Team Gresini) at 1 lap
19. Jack Miller (CWM LCR Honda) at 14 laps (DNF)
20. Karel Abraham (AB Motoracing) at 14 laps (DNF)
21. Cal Crutchlow (CWM LCR Honda) at 21 laps (DNF)
22. Scott Redding (Estrella Galicia 0,0 Marc VDS) at 25 laps (DNF)
23. Mike Di Meglio (Avintia Racing) at 25 laps (DNF)
24. Aleix Espargaro (Suzuki MotoGP) at 26 laps (DNF)
25. Stefan Bradl (Athina Forward Racing) at 27 laps (DNF)

(a2s/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com