MINI Juara Reli Dakar Empat Tahun Berturut-turut

- detikOto
Senin, 19 Jan 2015 14:19 WIB
La Paz - Pebalap Nasser Al-Attiyah dan Matthieu Baumel yang bergabung dalam tim balap MINI All4 Racing, telah memenangi reli terganas sejagat, Reli Dakar. Kemenangan tim MINI tersebut merupakan kemenangan keempat dalam empat tahun berturut-turut.

Setelah dua pekan berlaga di arena balap sejauh 9.000 kilometer yang terbentang dari Chile, Bolivia, dan Argentina, Al-Attiyah akhirnya memenangi reli tersebut. Tim balap MINI telah memenangi 11 dari 13 legs reli yang sebelumnya digelar di Afrika itu.

Bagi Attiyah kemenangan tersebut merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada 2011, dia memenangi reli tahunan tersebut dengan menunggangi VW Tiguan. Namun bagi MINI, kemenangan pebalapnya asal Qatar itu sekalgus menambah panjang daftar kemenangannya, yakni yang keempat dalam empat tahun berturut-turut.

"Aku gembira sudah menjuarai Dakar. Luar biasa karena kami mendominasi lomba dari awal dan kami mampu menguasainya sepanjang ajang ini," katanya kepada wartawan seperti dilansir NBC Sports.

Jochen Goller, Senior Vice President MINI mengungkapkan, pihaknya sangat bangga dengan capaian di Reli Dakar 2015 tersebut. Maklum lima pebalap MINI telah masuk ke dalam kelompok 10 besar. Sembilan diantaranya masuk ke garis finish.

“Mereka memenangi 11 etape dengan empat pebalap yang berbeda, akhirnya Al-Attiyah memenangi reli terganas di dunia itu. Kami berhasil mencapai semua target yang kami patok,” paparnya di situs resmi BMW.

(arf/ddn)