Kamis, 11 Apr 2013 10:15 WIB

Data dan Fakta GP China

- detikOto
Jakarta - Seri ketiga balapan F1 musim 2013 akan digelar di Shanghai International Circuit akhir pekan ini. Mulai menghelat balapan jet darat sejak 2004, Lewis Hamilton sejauh ini jadi driver tersukses dengan dua kemenangan.

Berikut data dan fakta GP China:

- GP China pertama digelar tahun 2004 lalu dengan memunculkan Rubens Barrichello (Ferrari) sebagai pemenang.

- Pada sembilan balapan yang sudah digelar di sana, ada delapan nama pembalap berbeda yang berhasil jadi juara. Cuma Lewis Hamilton yang berhasil menang lebih dari satu kali di sana. Driver lain yang pernah menjejak podium tertinggi dan masih aktif di musim ini adalah Fernando Alonso, Sebastian Vettel, Jenson Button, Kimi Raikkonen dan Nico Rosberg.

- Dari sisi konstruktor, Ferrari dan McLaren sudah tiga kali memenangi balapan di sirkuit ini. Sementara Renault, Red Bull dan Mercedes masing-masing meraih satu kemenangan.

- Fernando Alonso menjadi driver dengan jumlah lap terbanyak dalam posisi memimpin balapan

- Di tahun 2009, Sebastian Vettel memberi Red Bull pole position pertamanya di lintasan ini.

- Sementara musim lalu, Nico Rosberg meraih pole dan kemenangan pertamanya di GP China.

- GP China juga punya kesan mendalam buat Kamui Kobayashi karena di sana lah dia mencatatkan satu-satunya fastest lap hingga kini. Raihan tersebut dia buat di tahun 2012.

- Jenson Button merayakan Grand Prix ke-100-nya saat tampil di GP China tahun 2005.

- Kimi Raikkonen memberi Ferrari kemenangan nomor 200 saat menyentuh garis finis terdepan di tahun 2007.

- Hat-trick pole position dicatatkan Sebastian Vettel di China dari musim 2009 hingga 2011.

- Sejak 2004, McLaren cuma dua kali gagal menempatkan drivernya di atas podium yakni pada musim 2006 dan 2009

- McLaren juga menjadi tim dengan poin terbanyak di GP China setelah total mengoleksi 156 poin. Red Bull ada di posisi kedua dengan 90 poin didapat.

- China menjadi salah satu dari lima negara tuan rumah yang tak pernah punya pebalap F1. Negara lainnya adalah Bahrain, Singapura, Korea dan Uni Emirat Arab.

- Lintasan lurus antara tikungan nomor 13 dan 14 memiliki panjang 1.300 meter, yang menjadikan Shanghai sebagai salah satu trek dengan lintasan lurus terpanjang. Menurut Renault, pebalap bisa menggeber mobilnya dalam kondisi maksimal di sekitar 49% lap.

- Dari lima pemenang terakhir di GP China, empat di antaranya menggunakan mesin Mercedes.

- Jika Kimi Raikkonen bisa finis di posisi 10 besar, itu akan menjadi kali ke-20 secara beruntun pebalap asal Finlandia itu menuntaskan balapan dengan mendapat poin. Rekor finis dengan poin terpanjang masih dipunya Michael Schumacher yang melakukannya pada 24 balapan secara beruntun mulai di Hongaria 2001 sampai Malaysia 2003.



(din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com