Selasa, 26 Mar 2013 13:33 WIB

The Doctor is Back!

- detikOto
Valentino Rossi Valentino Rossi
Jerez - Valentino Rossi tidak pernah ke mana-mana. Tapi menyusul bergabungnya lagi dia dengan Yamaha, The Doctor resmi kembali ke persaingan MotoGP. Dia pun layak dijadikan kandidat juara bersama Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Sepeninggal Casey Stoner yang memutuskan pensiun, balapan MotoGP bisa jadi kehilangan daya tariknya karena persaingan di papan atas sangat mungkin hanya akan melibatkan Lorenzo dan Pedrosa. Apalagi kedua nama tersebut dapat dukungan dari dua pabrikan terkuat yang ada di atas lintasan MotoGP.

Namun Pedrosa dan Lorenzo tak akan bisa leluasa berebut podium dan juga gelar juara musim 2013 karena ada Rossi di sana. Kembali dari dua tahun yang suram bersama Ducati, The Doctor menunjukkan kalau dirinya belum habis dan bahkan bisa menjadi penantang juara.

Dari beberapa sesi tes pra musim yang digelar, Rossi selalu mampu menjaga jarak dengan Lorenzo dan Pedrosa. Bahkan pada hari kedua sesi latihan di Jerez akhir pekan kemarin, rider 33 tahun itu berhasil menempati posisi terdepan. Sebagai catatan, tak pernah sebelumnya saat balapan, sesi latihan bebas, kualifikasi atau tes pra musim, Rossi mengalahkan Pedrosa serta Lorenzo.

"Saya sangat senang karena di akhir sesi hari ini kami mendapatkan kondisi yang bagus dengan melakukan beberapa putaran di lintasan kering dan khususnya karena bagi kami sangat penting untuk mencoba sasis baru. Saya senang dengan tesnya, saya mampu bersaing dalam tiga hari ini jadi saya tak sabar untuk pergi ke Qatar," tegas Rossi menyatakan kesiapannya menjalani seri pertama yang akan digelar di Losail, Qatar pada 7 April mendatang.

Selain Lorenzo, Rossi dan Pedrosa, nama lain yang diprediksikan akan membuat kejutan dan merecoki dominasi tiga nama tersebut adalah Marc Marquez. Meski statusnya adalah rookie, Marquez dapat banyak sanjungan dalam beberapa tes pra musim yang dia lakukan. Peluang rider Spanyol berusia 20 tahun itu dianggap terbuka lebar karena dia bergabung dengan tim sebesar Repsol Honda.

Di sisi lain, Ducati diprediksi masih akan keteteran bertarung dengan Yamaha dan Honda. Pabrikan asal Italia itu tak kunjung mendapatkan setelan motor terbaik di sesi latihan pra musim, trio Andrea Dovizioso, Nicky Hayden dan Michele Pirro masih akan dibuat kesulitan oleh performa Desmosedici GP13.

Akan berusaha menyodok ke persaingan papan atas adalah Cal Crutchlow. Tampil bagus di musim lalu dengan duduk di posisi tujuh klasemen akhir dengan dua kali naik podium, pebalap asal Inggris itu punya harapan besar untuk bisa meningkatkan performanya.

MotoGP musim 2013 akan digelar sebanyak 18 seri mulai dari MotoGP Qatar pada 7 April mendatang hingga seri penutup di Valencia yang akan dihelat pada 18 November. Total ada 16 tim yang berpartisipasi, dengan sembilan di antaranya adalah tim CRT.

MotoGP Amerika Serikat untuk kali pertama akan digelar di Circuit of the Americas yang terletak di Austin, Texas. Itu menjadi balapan pengganti dari MotoGP Portugal yang sejak tahun 2000 dihelat di Estoril. Total akan ada tiga balapan digelar di Amerika Serikat, dengan dua lainnya digelar di Laguna Seca dan Indianapolis.

Selain itu, musim balap MotoGP 2013 juga ditandai dengan kehadiran dua pebalap Indonesia di ajang Moto2. Doni Tata Pradita memperkuat Federal Oil Gresini Moto2, sementara pendatang baru Rafid Topan Sucipto bergabung dengan QMMF Racing Team.

Kontestan MotoGP 2013

Ducati Team
- Andrea Dovizioso
- Nicky Hayden
- Michele Pirro

LCR Honda MotoGP
- Stefan Bradl

Ignite Pramac Racing
- Ben Spies
- Andrea Iannone

Go & Fun Honda Gresini
- Alvaro Bautista

Repsol Honda Team
- Dani Pedrosa
- Marc Mrquez

Monster Yamaha Tech 3
- Cal Crutchlow
- Bradley Smith

Yamaha Factory Racing
- Valentino Rossi
- Jorge Lorenzo

CRT

NGM Mobile Forward Racing
- Colin Edwards
- Claudio Corti

Avintia Blusens
- Hiroshi Aoyama
- Hector Barbera

Came IodaRacing Project
- Danilo Petrucci
- Lukas Pesek

Power Electronics Aspar
- Randy de Puniet
- Aleix Espargaro

Cardion AB Motoracing
- Karel Abraham

Schwarz & Bronnen Racing
- Martin Bauer

Go & Fun Honda Gresini
- Bryan Staring

Paul Bird Motorsport
- Yonny Hernandez

PBM-ART
- Michael Laverty

Attack Performance
- Blake Young


Lihat jadwal MotoGP 2013 di sini



(din/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed