BMW dan Mercedes-Benz Batal Ikut Pameran CES 2022

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 01 Jan 2022 13:45 WIB
(FILES) In this file photo taken on March 21, 2018 the logo of German car maker BMW is pictured on a wheel on the sidelines of the companys annual press conference in Munich, southern Germany.
German luxury carmaker BMW on August 8, 2018 confirmed it would recall 323,700 cars across Europe due to a faulty component that could cause engines to catch fire. / AFP PHOTO / CHRISTOF STACHE
BMW dan Mercedes Benz memutuskan mundur dari CES 2022 (AFP PHOTO / CHRISTOF STACHE)
Jakarta -

Sebaran virus COVID-19 di sejumlah wilayah di Amerika Serikat tengah melonjak tinggi akibat dari varian baru Omicron. Dua perusahaan asal Jerman, BMW dan Mercedes-Benz yang awalnya bakal mengikuti pameran CES 2022, kini telah resmi mengundurkan diri.

Dikutip dari Paultan, pernyataan ini telah disampaikan langsung oleh BMW melalui laman resminya. Langkah ini diambil BMW guna mencegah penyebaran virus COVID-19 meluas.

"Selama bertahun-tahun, BMW Group telah menghadirkan inovasi di ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas. Karena situasi pandemi, BMW Group akan memindahkan semua kegiatan media yang direncanakan di CES ke acara virtual yang disiarkan langsung dari Jerman," tulis pernyataan BMW dalam laman resminya.

Sementara itu, pabrikan otomotif Mercedes-Benz juga menyampaikan telah batal mengikuti pameran teknologi tersebut.

"Karena kesehatan dan keselamatan konsumen, mitra, karyawan, dan tamu kami adalah prioritas utama kami, mengingat situasi saat ini sehubungan dengan virus COVID-19, kami telah memutuskan untuk membatalkan keikutsertaan Mercedes-Benz AG di CES 2022 setelah melakukan konsultasi intensif," ujar seorang juru bicara Mercedes-Benz.

"Karena kelompok peserta yang besar dan peraturan khusus negara yang berbeda, perencanaan yang solid, aman dan tidak berbahaya untuk semua peserta sayangnya tidak layak dalam situasi saat ini. Kami sangat menyesali keputusan ini namun menganggapnya perlu," jelasnya.

Rencananya, BMW akan memperkenalkan varian baru mobil listrik model iX terbaru yang dijuluki sebagai M60. Mobil baru tersebut diprediksi dapat menghasilkan daya hingga sebesar 523 PS dan torsi puncaknya hingga 765 Nm dari varian BMW xDrive50.

Selain itu, varian baru dari mobil BMW tersebut diyakini akan menjadi model M Performance dengan tenaga cukup mumpuni hingga mencapai 600 PS.

Sementara itu, Mercedes-Benz dijadwalkan akan meluncurkan mobil listrik konsep terbarunya yaitu Vision EQXX pada 3 Januari 2022. Perusahaan mengklaim jika mobil EV tersebut dapat menempuh jarak hingga lebih dari 1.000 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Pameran CES 2022 yang digelar di Las vegas akan berlangsung pada 5-8 Januari 2022. Meskipun banyak perusahaan yang batal ikut karena kasus COVID-19 yang kembali tinggi, namun acara yang memamerkan teknologi canggih tersebut tetap berjalan.

"Pameran CES akan dan harus terus berjalan. Kali ini akan memiliki lebih banyak perusahaan kecil (dibandingkan) yang besar, dan mungkin memiliki celah besar di lantai pertunjukan. Mungkin sedikit berantakan, tetapi inovasi itu berantakan, berisiko dan nyaman," kata presiden CTA Gary Shapiro.



Simak Video "Sederet Teknologi yang Dibawa Samsung di CES 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)