Sabtu, 26 Okt 2019 17:49 WIB

Laporan dari Tokyo

Daihatsu Xenia dan Terios Bakal Jadi Mobil Hybrid?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Daihatsu Xenia Foto: TeamDetikOto Ilustrasi Daihatsu Xenia Foto: TeamDetikOto
Tokyo - Kendaraan hybrid sedang gencar dikampanyekan banyak pabrikan. Soalnya, kendaraan yang menggabungkan mesin bakar dan motor listrik itu diklaim lebih ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Beberapa pabrikan sudah menjual mobil hybrid di Indonesia. Namun, Daihatsu hingga kini belum menyajikan kendaraan ramah lingkungan itu.



Presiden Direktur Daihatsu Motor Co. Japan, Soichiro Okudaira, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan studi lebih lanjut terkait mobil ramah lingkungan yang cocok untuk Indonesia.

"Untuk hybrid kami tetap studi terus. Tapi kali ini kebetulan belum ada. Tidak ada alasan lebih jelas, tapi kebetulan saja," kata Okudaira di Tokyo, Jepang.

Daihatsu XeniaDaihatsu Xenia Foto: Ruly Kurniawan


Memang, pemerintah sedang gencar memperkenalkan regulasi kendaraan ramah lingkungan. Kemarin, pemerintah baru saja meluncurkan Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2009 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah. Di dalamnya diatur soal pengenaan pajak terhadap mobil yang lebih ramah lingkungan. Setidaknya, mobil yang lebih bersih diterapkan pajak lebih rendah.

"Tentu saja akan kita jawab dengan baik terhadap harapan pemerintah maupun harapan dari customer Indonesia," tambah Okudaira.



Memang, Okudaira tidak menjawab dengan lugas mobil apa yang akan disematkan teknologi hybrid nanti. Tapi saat ditanya apakah Xenia atau Terios disematkan hybrid juga, Okudaira jawab kemungkinan bisa saja.

"Tapi kami pelajari untuk semua kemungkinan yang paling cocok untuk Indonesia," katanya.

Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com